IBL

Tim putri Amerika Serikat kembali meraih medali emas usai mengalahkan Jepang dengan skor 90-75, Minggu, 8 Agustus 2021. Ini adalah medali emas ketujuh tim putri Amerika Serikat secara beruntun dan kesembilan secara keseluruhan partisipasi di Olimpiade. 

Secara keseluruhan timnas Amerika Serikat di sektor putra dan putri, ini adalah kawin emas keempat secara beruntun. Tim Putra Amerika Serikat gagal mengimbangi pencapaian tim putri di 2004.

Brittney Griner kembali jadi top skor gim dengan 30 poin dan 5 rebound dari 14/18 tembakan (78 persen). Breanna Stewart tampil komplet dengan dobel-dobel 14 poin, 14 rebound, 5 asis, 4 steal, dan 3 blok. A'ja Wilson melengkapi daftar dengan 19 poin, 7 rebound, dan 5 asis. 

Untuk Jepang, ini adalah medali pertama mereka di basket Olimpiade baik di sektor putra atau putri. Prestasi terbaik Jepang sebelum ini adalah finis di peringkat lima pada 1976 atau debut basket putri di Olimpiade. 

Berakhir sudah gelaran basket di Olimpiade 2020 Tokyo. Medali perunggu di sektor putri dibawa pulang oleh Prancis usai mengalahkan Serbia kemarin. Sampai jumpa di Olimpiade 2024 Paris! (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar