IBL

Amerika Serikat tak terbendung mengalahkan Australia 79-55. Sejak kuarter pertama, Amerika Serikat sudah tancap gas dengan keunggulan 14 poin (26-12). Keunggulan tak sedikitpun mengecil di sisa pertandingan dan barisan utama Amerika Serikat pun bisa mendapatkan istirahat lebih panjang untuk semifinal. 

A'ja Wilson yang menjadi bintang Amerika Serikat di Olimpiade ini hanya bermain 16 menit dan mencetak 10 poin plus 4 rebound. Breanna Stewart mengambil alih tugas mencetak angka dengan 23 poin, 5 rebound, dan 3 asis. Breanna hanya bermain 23 menit dan menceploskan 8/10 tembakan (80 persen). Brittney Griner pun hanya bermain 21 menit dan nyaris dobel-dobel 15 poin plus 8 rebound.

Amerika Serikat akhirnya menurunkan seluruh pemainnya di gim ini, termasuk Napheesa Collier dan Skylar Diggins-Smith, dua nama yang sempat tak bermain di babak grup. Collier tak menyumbang angka selama empat menit di lapangan karena ia tak melepaskan tembakan pula. Skylar sendiri membantu dengan empat poin.

Meski menang, masalah utama Amerika Serikat di Olimpiade ini masih belum terselesaikan. Mereka masih membuat banyak turnover, kali ini dengan 18. Mereka hanya tiga turnover lebih sedikit dari Australia. Kemenangan Amerika Serikat hari ini sepenuhnya terjadi karena buruknya akurasi pemain Australia yang hanya berada di angka 30 persen. 

Amerika Serikat akan menghadapi Serbia di semifinal, lusa. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar