IBL

Australia pulang dengan medali perunggu melalui kemenangan 107-93 atas Slovenia, Sabtu, 7 Agustus 2021. Ini adalah medali pertama dalam sejarah tim putra Australia (the Boomers) di Olimpiade.

Patty Mills tampil menggila dengan 42 poin dan 9 asis. Ia memasukkan 15/31 tembakan (48 persen). Joe Ingles menambahkan 16 poin, 9 rebound, dan 4 asis. Jock Landale mencetak 14 poin, Dante Exum 12 poin, dan Matisse Thybulle 11 poin. 

Meski jarak skor akhir terbilang cukup lebar, gim sendiri tak berlangsung setimpang itu. Utamanya di kuarter empat, momentum sempat berubah dengan cepat. Di dua menit pertama, Australia memperlebar jarak menjadi 14 poin, jarak keunggulan terbesar sebelum skor akhir. Slovenia lantas bangkit dan memangkas ketinggalan menjadi hanya tiga poin di batas enam menit terakhir pertandingan.

Sayangnya, sebuah kesalahan nonteknis terjadi di momen ini. Jaka Blazic melakukan foul kepada Patty Mills. Setelah wasit meniup peluit, ada gerakan tangan seolah mendorong dari Blazic. Gerakan itu membuat wasit meniup peluit lagi untuk unsportsmanlike foul.

Selepas kejadian ini, momentum kembali ke Australia. Mereka melaju tujuh poin tanpa balas di satu menit setelah kejadian itu dan (14-8) di total empat menit setelahnya. Slovenia tak mampu lagi mengejar ketinggalan mereka dan Australia bisa pulang dengan medali.

Dalam 15 kali keikutsertaan mereka, empat kali Australia finis di peringkat empat, termasuk di Olimpiade 2016 Rio. Untuk Slovenia, ini adalah Olimpiade perdana mereka dan Luka Doncic dkk menutupnya dengan rekor (4-2). Ini adalah gim terakhir di sektor putra. Amerika Serikat finis sebagai peraih emas, Prancis perak, dan Australia perunggu. Basket masih menyisakan satu gim perebutan medali emas sektor putri antara Amerika Serikat melawan Jepang, esok hari.(DRMK)

Foto: FIBA

Komentar