IBL

Prancis lolos ke final dengan kemenangan dramatis 90-89 dari Slovenia, Kamis, 5 Agustus 2021. Blok Nic Batum kepada layup Klemen Prepelic di sisa dua detik menjadi penentu kemenangan Prancis.

Blok kemenangan Batum sendiri adalah blok keempatnya di gim ini. Jumlah yang sama ditorehkan Rudy Gobert. Keduanya tak menghasilkan banyak poin. Batum hanya 3 poin sedangkan Gobert 9 poin. Namun, keduanya krusial dalam bertahan. Gobert meraup 16 rebound (terbanyak di laga ini) sedangkan Batum meski tak tercatat di statistik, menjaga Luka Doncic nyaris sepanjang gim.

Top skor Prancis dan gim ini adalah Nando De Colo dengan 25 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Evan Fournier mengikuti dengan 23 poin dan Timothe Luwawu-Cabarrot menambahkan 15 poin hasil dari 6/10 tembakan. Prancis sempat unggul 10 poin di kuarter tiga. Namun, Slovenia berhasil memangkas keunggulan tersebut jadi selisih poin hasil akhir. 

Luka Doncic memimpin Slovenia dengan tripel-dobel 16 poin, 10 rebound, dan 18 asis. Ini adalah tripel-dobel ketiga dalam sejarah Olimpiade. Kekalahan ini juga jadi kekalahan perdana Luka bersama Slovenia di laga internasional. Sebelumnya, ia memiliki rekor (17-0). 

Mike Tobey adalah top skor Slovenia dengan 23 poin dan 8 rebound. Terlepas dari tembakannya yang kena blok, Prepelic memberi bantuan besar untuk Slovenia dengan 17 poin dari 6/12 tembakan (50 persen). Jaka Blazic menambahkan 14 poin sedangkan Vlatko Cancar 11 poin dan 9 rebound.

Prancis pun akan kembali bertemu Amerika Serikat yang mereka kalahkan di babak grup. Final akan digelar lusa. 

Foto: FIBA

Komentar