IBL

Tim putra Amerika Serikat mendapatkan medali emas Olimpiade 2020 Tokyo. Dengan gelar tersebut, maka Jrue Holiday dan Khris Middleton berhasil menyamai prestasi Michael Jordan dan Scottie Pippen. Mereka adalah rekan setim yang memenangkan gelar juara NBA dan medali emas Olimpiade di tahun yang sama.

Sungguh tahun yang sangat menyenangkan bagi Holiday dan Middleton. 17 hari sebelumnya, mereka mengangkat trofi Larry O'Brien bersama Milwaukee Bucks. Hari ini, mereka berdua mendapatkan medali emas Olimpiade, yang merupakan medali emas keempat berturut-turut untuk timnas Amerika Serikat. Rekor ini belum pernah dicapai oleh negara lain.

(Sumber: ESPN Stats & Info)

Ternyata pencapaian dua pemain Bucks kali ini bisa dikatakan sangat langka. Menurut catatan ESPN Stats & Info, hanya ada tujuh pemain yang pernah melakukannya, termasuk Holiday dan Middleton di tahun 2021. Sebelumnya ada Michael Jordan dan Scottie Pippen di tahun 1992. Pippen juga membuat prestasi serupa di tahun 1996. Lalu ada LeBron James di tahun 2012, dan terakhir ada Kyrie Irving di tahun 2016.

Sementara itu, catatan prestasi yang ditorehkan Holiday dan Middleton menyamai Jordan dan Pippen. Karena mereka jadi rekan satu tim yang pernah memenangkan gelar NBA dan medali emas Olimpiade. Jordan dan Pippen pada tahun 1992 merupakan anggota tim Chicago Bulls. Di tahun tersebut, timnas Amerika Serikat di Olimpiade 1992 Barcelona, menjadi tim yang legendaris dengan sebutan "The Dream Team".

"Dia orang yang luar biasa. Dia juara NBA dan pemenang medali emas. Dia saudara saya. Kami selama beberapa bulan terakhir mengalami hal-hal yang gila. Kami telah melakukannya bersama," ujar Holiday, memuji Middleton.

(Sumber: twitter On Her Turf)

Sementara itu, selain Holidan dan Middleton, ada pula rekor unik yang dibuat oleh JaVale McGee. Dia dan ibunya, Pamela, menjadi pasangan ibu dan anak pertama yang mampu memenangkan medali emas Olimpiade. Pamela meraih medali emas Olimpiade 1984 Los Angeles di cabang olahraga basket putri. Dalam lima tahun terakhir, McGee sudah mengumpulkan tiga gelar juara NBA (2017, 2018, dan 2020), serta ditutup tahun ini dengan medali emas Olimpiade Tokyo. (tor)

Foto: Twitter Milwaukee Bucks

Komentar