IBL

Milwaukee Bucks mengakhiri penantian selama 50 tahun. Mereka berhasil menjadi juara NBA 2021 setelah mengalahkan Phoenix Suns dengan skor 105-98 di Gim 6, dalam seri Final NBA 2021. Kemenangan tersebut semakin istimewa karena mereka bisa merayakannya di Fiserv Forum bersama puluhan ribu penggemarnya.

Penggemar Bucks di arena meneriakkan "Bucks in 6" sejak pertandingan belum dimulai. Mereka membakar semangat anak asuh Mike Budenholzer untuk segera menuntaskan final malam ini. Giannis membuka poin Bucks dengan aksi menawan. Dia menghalau layup dari Mikal Bridges, lalu meneruskan dengan mencetak poin di ring Suns. Aksi ini mendapat sambutan dari penonton. Bucks memimpin 6-5 di lima menit pertama.

Khris Middleton juga memulai dengan baik. Dia mengumpulkan 7 poin dengan akurasi 3/5 di awal laga. Middleton menambahkan 3 rebound, 2 asis, dan 2 steal. Di sisi Suns, para starter sudah mencetak poin. Tapi mereka tertinggal 11-18 di sisa tiga menit kuarter pertama. Akurasi tembakan Suns kurang bagus. Mereka hanya mencetak 5/16 untuk dua poin, dan 1/4 untuk tripoin. Giannis benar-benar menyulitkan Deandre Ayton. Kuarter pertama berakhir dengan keunggulan Bucks, 29-16.

Setelah itu, permainan Bucks mulai bermasalah. Di awal kuarter kedua, Bucks sudah membuat tujuh turnover. Pertahanan Suns benar-benar solid kali ini. Sayangnya, Suns juga tidak bagus dalam penguasaan bola. Mereka melakukan enam turnover di awal kuarter kedua.

Di saat-saat sulit, Cam Payne memberikan solusi bagi serangan Suns. Dia mencetak 10 poin dengan akurasi tembakan 4/5. Deander Ayton juga berbalik menyulitkan Giannis, meski kurang bagus dalam kontribusi poin. Bucks hanya mencetak lima poin dalam waktu delapan menit di kuarter kedua. Ini merugikan bagi mereka. Sementara Suns bisa membalikkan keunggulan jadi 47-42 di akhir kuarter kedua.

Giannis mencetak 21 poin di babak pertama diikuti Bobby Portis dengan 10 poin. Giannis bisa mencetak poin terbanyak, tapi dia butuh bantuan dari rekan-rekannya. Sebab, empat pemain starter Bucks lainnya hanya menambahkan 15 poin. Sementara di Suns, Chris Paul mencetak 13 poin. CP3 sempat kesulitan di kuarter pertama. Dia bangkit dengan mencetak 10 poin di kuarter kedua. Sorotan di babak pertama adalah turnover. Bucks membuat 10 turnover dan Suns melakukan 7 turnover.

Bucks mengambil lagi keunggulan mereka di pertengahan kuarter ketiga, melalui permainan menawan Giannis Antetokounmpo. Dia kembali mencatatkan namanya dalam sejarah NBA. The Greek Freak mencetak 30 poin dan 10 rebound di kuarter ketiga, yang menjadi catatan ke-12 di sepanjang playoff NBA 2021. Rekor tersebut menyamai pencapaian Elgin Baylor. Selain Giannis, Jrue Holiday juga patut dalam apresiasi. Jrue menghambat pergerakan Devin Booker. Termasuk steal yang cantik di kuarter ketiga.

Suns ternyata tidak mau menyerah begitu saja. Kuarter ketiga ditutup dengan skor imbang, 77-77. Giannis menggila di kuarter ketiga. Dia mencetak 20 poin, termasuk 7 tembakan gratis. Sampai kuarter ketiga ditutup, Giannis sudah mengumpulkan 37 poin.

Giannis makin tak terbendung di kuarter keempat. Dia membuat 43 poin, 12 rebound, dan 5 blok. Sejauh ini, dia menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang mengumpulkan 40 poin, 10 rebound, dan 5 blok di pertandingan final. Bucks memimpin 90-86 saat kuarter keempat tersisa tujuh menit.

Kejutan terjadi di menit-menit akhir kuarter keempat. Khris Middleton justru bisa membantu Bucks memenangkan pertandingan. Dia berhasil mengumpulkan 15 poin, tepat saat Bucks membutuhkan kontribusinya. Bucks unggul 104-96 di sisa 25 detik. Saat buzzer berbunyi, Fiserv Forum bergemuruh. Mereka merayakan gelar juara NBA 2021.

Giannis Antetokounmpo membuat permainan epik yang mengagumkan dengan catatan 50 poin, 13 rebound, dan 5 blok. Khris Middleton menambahkan 17 poin, disusul Bobby Portis (16 poin), Jrue Holiday (12 poin, 11 asis, 9 rebound), dan Brook Lopez (10 poin). Suns di keenam ini dipimpin oleh Chris Paul (26 poin), Devin Booker (19 poin), Jae Crowder (15 poin dan 13 rebound), Deandre Ayton (12 poi), dan Cameron Payne (10 poin).

Musim NBA 2020-2021 telah berakhir, dan Milwaukee Bucks adalah juaranya. Itu adalah musim yang hebat bagi Bucks, dan musim yang akan selalu dikenang bagi publik Milwaukee. (tor)

Foto: Insider Voice

Komentar