IBL

Amerika Serikat kembali ke final Olimpiade setelah menumbangkan Australia dengan skor telak 97-78, Kamis, 5 Agustus 2021. Kemenangan Amerika Serikat sepenuhnya terjadi karena performa apik mereka di dua kuarter terakhir.

Australia sendiri sempat unggul 15 poin di kuarter dua yang lantas menguap seiring semakin lambatnya pergerakan mereka di lapangan. Australia seolah kehabisan bahan bakar di paruh kedua, utamanya di kuarter tiga dengan hanya mencetak 10 poin. Di sisi sebaliknya, Amerika Serikat leluasa mencetak 32 poin.

Kuarter empat pun tak ada perubahan berarti. Pergerakan pemain Australia yang biasanya sangat aktif dan mematikan berubah menjadi staganansi yang membunuh mereka perlahan. Di sisa tiga menit pertandingan, seluruh starter kedua tim sudah ditarik keluar.

Kevin Durant sekali lagi membuktikan kapasitasnya dengan 23 poin, 9 rebound, 2 asis, 2 steal, dan 1 blok. Di awal laga, saat Australia sedang panas, hanya Durant yang bisa memberi perlawanan. Devin Booker menyusul dengan 20 poin dari 7/10 tembakan (70 persen). Jrue Holiday menambahkan 11 poin, 8 rebound, dan 8 asis sedangkan Khris Middleton melengkapi juga dengan 11 poin. 

Ini akan jadi final keempat beruntun Amerika Serikat di Olimpiade. Mereka akan menghadapi pemenang antara Slovenia dan Prancis. Jiak berhadapan dengan Prancis, maka ini akan jadi partai ulangan babak grup yang mana Prancis adalah pemenangnya kala itu. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar