IBL

Russell Westbrook jadi komoditi panas media-media Amerika Serikat sejak ditransfer ke Los Angeles Lakers minggu ini. Brodie pun membuat penggemar semakin bersemangat dengan unggahan di akun Instagram pribadinya. Westbrook akan kembali memakai nomor jersey
"0" bersama Lakers.

Setelah sambutan hangat dari LeBron James, Westbrook membalasnya dengan unggahan yang membuat semuanya makin penasaran. Foto dirinya mengenakan jersey nomor "0" dengan keterangan "HomeTeam. WHYNOT?"

Wesbrook memang identik dengan nomor nol. Namun saat dia datang ke Washington Wizards, musim lalu. Dia menganti nomor jersey "4". Di awal musim, Brodie bermasalah dengan cedera paha yang mengganggunya sejak bersama Houston Rockets di playoff NBA 2020. Namun pada akhirnya, dia mampu mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk mencetak rekor-rekor fantastis. Pada usia 32 tahun, Brodie mencetak rata-rata 22,2 poin, 11,5 rebound, dan 11,7 asis per gim, yang jadi catatan tertinggi sepanjang karirnya.

Menurut LA Times, alasan kepergian Westbrook dar Wizards bisa dikatakan sangat sederhana. Westbrook kurang suka dengan pelatih barunya. Sementara manajemen tidak mau mendengarkan usulannya, terkait pelatih. Itulah yang membuat Westbrook memilih pergi dari Wizards.

Pada awal musim lalu, Westbrook bersedia ditukar dengan John Wall karena Wizards punya Scott Brooks sebagai kepala pelatih. Brooks pernah menjadi pelatih Oklahoma City Thunder dari tahun 2008 hingga 2015. Kemudian dia pindah ke Wizards. Namun setelah musim 2020-2021 berakhir, manajemen Wizards enggan memperpanjang kontrak Scott Brooks, meski mendapatkan rekomendasi dari Russell Westbrook. Merasa apa yang dikatakan tidak didengar manajemen, Westbrook akhirnya memilih hengkang. Kini Scott Brooks jadi asisten pelatih di Portland Trail Blazers.

(Sumber foto: Yahoo!Sports)

Westbrook ingin dirinya diasuh oleh pelatih yang lebih berpengalaman di liga. Sementara Wizards memilih mantan asisten Denver Nuggets, Wes Unseld Jr. untuk menggantikan Scott Brooks. Unseld punya pengalaman 16 tahun sebagai asisten pelatih, namun baru pertama kali bertugas memimpin tim di posisi kepala pelatih.

Kembali ke soal nomor jersey Russell Westbrook. Ternyata sebelum dia datang dan akan memakai nomor tersebut, sudah ada beberapa pemain Lakers dengan nomor nol.

Orlando Woolridge (Sumber foto: CBS News)

Permain pertama yang memakai nomor tersebut adalah Orlando Woolridge yang bermain untuk Lakers sejak 1989 hingga 1990. Dia bermain 136 pertandingan di Lakers dengan catatan 11,1 poin per gim dan akurasi tembakan 51,4 persen. Kemudian setelah lama nomor itu hilang dari tim Lakers, ternyata muncul lagi di tahun 2003. Pemain yang memakainya adalah Soumaila Samake. Dia hanya bermain 13 pertandingan di musim 2002-2003. Samake kemudian berhenti bermain setelah kedapatan memakai doping. Samake jadi pemain ketiga dalam sejarah NBA yang positif memakai obat peningkat performa.

Pada tahun 2012 hingga 2013, jersey nomor nol di Lakers muncul lagi. Pemain yang memakainya adalah Andrew Goudelock. Dia bermain 41 pertandingan bersama Lakers. Sekarang Goudelock bermain di liga basket Spanyol. Nomor nol kemudian dipakai oleh Nick Young. Dia mencetak rata-rata 13,1 poin per gim dengan 37,7 persen tripoin saat bermain bersama Lakers.

Kyle Kuzma (Sumber foto: KSL Sports)

Pemain terakhir yang mengenakan nomor nol sebelum Westbrook adalah Kyle Kuzma. Pemain yang masuk dalam skenario pertukaran pemain dengan Wizards. Kuzma memakai nomor tersebut sejak direkrut Lakers pada tahun 2018 hingga 2021. Dia menjadi bagian dari tim Lakers yang menjuarai NBA 2020. (tor)

Foto: Jordan Brand

Komentar