IBL

Los Angeles Lakers mesti menghadapi Oklahoma City Thunder dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Saat itu, Lakers masih tampil tanpa LeBron James dan Rajon Rondo. Namun, pasukan muda mereka mampu menumbangkan Thunder dengan skor 138-128 lewat babak tambahan (overtime) di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat, Jumat 17 Januari 2019 waktu setempat.

Kyle Kuzma, pemain tahun kedua Lakers, menjadi yang paling produktif. Ia mencetak 32 poin, 8 rebound, 4 asis, dan 3 steal di pertandingan ini. Ivica Zubac, senter, di belakangnya dengan dobel-dobel 26 poin dan 12 rebound dari bangku cadangan.

Dua pemain Lakers lainnya, Lonzo Ball dan Josh Hart, juga mencetak dobel-dobel di pertandingan ini. Ball mencetak 18 poin dan 10 asis sementara 12 poin dan 10 rebound. Kentavious Caldwell-Pope, garda tembak, lalu menambahkan 13 poin.

Di pihak lawan, Paul George dan Terrance Ferguson menjadi mesin poin Thunder. George mencetak 27 poin sementara Ferguson 21. Namun, perolehan mereka tidak seproduktif Russell Westbrook. Garda utama Thunder itu mencetak 26 poin, 13 asis, dan 9 rebound. Stevens Adams, senter, kemudian menambahkan dobel-dobel 17 poin dan 15 rebound. Jerami Grant di belakangnya dengan 14 poin. Namun, perolehan kolektif mereka tidak juga menyelamatkan tim dari kekalahan di kandang sendiri.

Pasukan muda Lakers mampu menandingi Thunder selama pertandingan. Mereka memanfaatkan momentum di babak tambahan untuk unggul 10 poin (16-6). Alhasil, Lakers pun memenangkan pertandingan meski tampil tanpa megabintang mereka, LeBron James. Padahal Thunder sempat unggul di awal pertandingan.  

Thunder membuka pertandingan dengan keunggulan 39-27. Mereka berhasil memanfaatkan kelengahan Lakers yang melakukan 11 kesalahan berbuah serangan balik (turnover). Sedikitnya Thunder bisa mendulang 17 poin akibat kesalahan itu. Mereka pun unggul sekitar 12 poin di kuarter satu.

Di kuarter dua, Lakers sempat mencetak running points 20-5. Mereka benar-benar memanfaatkan momentum itu untuk berbalik unggul 47-44. Lakers pun terus naik sehingga bisa memimpin total 67-63 di paruh pertama.

Setelah jeda, Thunder mulai memperbaiki permainannya. Mereka mencetak enam poin beruntun sampai Caldwell-Pope dan Ball membalasnya dengan masing-masing satu tripoin untuk Lakers. Kedua tim saat itu memang saling mengancam. Mereka bahkan bergantian memimpin poin. Namun, Thunder pada akhirnya berhasil unggul tipis 96-95.

Di kuarter empat, kedua tim bermain ketat lagi. Lakers mencetak 27 poin sementara Thunder 26. Oleh karena perolehan itu, mereka pun imbang 122 dan harus melanjutkan pertandingan ke babak tambahan.

Pasukan muda Lakers beringas di babak tambahan. Mereka tidak memberi kelonggaran kepada Thunder yang memiliki sedikitnya dua pemain All-Star, George dan Westbrook. Lakers menguasai pertandingan dengan unggul 10 poin dan membawa pulang kemenangan.

Selanjutnya, Lakers akan menghadapi Houston Rockets lusa. Sementara itu, Thunder akan bertemu dengan Philadelphia 76ers. (GNP)

Foto: NBA

Komentar