IBL

Los Angeles Lakers dan LeBron James menjadi dua hal yang terus menghiasi berita utama berbagai macam media. Lakers semakin disorot setelah gerbong pemain baru mengikuti setelah kepindahan James. Rajon Rondo, Lance Stepehnson, JaVale McGee, hingga Michael Beasley adalah nama-nama yang mengisi gerbong tersebut. Belum lagi nama Kentavious Caldwell-Pope yang akhirnya memutuskan bertahan dengan Lakers usai rangkaian pemain baru tersebut.

Seiring kepindahan pemain baru, berapa nomor punggung yang akan mereka pakai juga menjadi pertanyaan. Setiap pemain memang memiliki nomor yang sudah identik dengan mereka selama bermain di NBA. Namun, bergabung dengan tim baru bisa saja merubah nomor yang melekat di seragam mereka.

Terbaru, dalam laman resmi Lakers, nomor punggung deretan pemain baru dan ruki akhirnya tampak. LeBron James dipastikan masih akan memakai nomor 23 di Lakers. Hal ini menjadi kali pertama James mengenakan nomor ini di luar Cleveland Cavaliers. Saat berpindah tim ke Miami Heat, James berganti nomor menjadi nomor enam.

Rajon Rondo masih akan mengenakan nomor keramatnya, sembilan. Selama berpetualang dari Boston Celtcis, Dallas Mavericks, Sacramento Kings, Chicago Bulls, hingga New Orleans Pelicans, Rondo selalu setia dengan nomor ini.

Lance Stephenson memilih nomor enam untuk pertama kali dalam delapan musim karirnya. Meski tercatat sudah berpindah tim enam kali, Stephenson hanya pernah berubah nomor punggung dua kali. Nomor punggung favoritnya adalah nomor satu yang ia gunakan di Indiana Pacers, Charlotte Hornets, Los Angeles Clippers, dan Memphis Grizzlies. Saat berpindah ke Pelicans, ia berganti ke nomor lima. Berpindah ke Minnesota Timberwolves ia juga kembali berganti, kali ini ke nomor tujuh.

Michael Beasley juga berubah dan memilih nomor punggung 11 untuk pertama kali sejak masuk NBA pada 2008. Masuk setelah dipilih oleh Heat pada urutan kedua secara keseluruhan, Beasley mengenakan nomor 30. Dua musim berselang, ia pindah ke Timberwolves dan berganti ke nomor delapan. Nomor delapan seolah menjadi nomor favoritnya karena ia kembali menggunkan nomor itu saat berpindah ke Houston Rockets dan New York Knicks.  Ia pernah mengenakan nomor punggung nol saat membela Phoenix Suns dan nomor punggung sembilan saat berseragam Milwaukee Bucks.

Saat masuk ke NBA di musim 2008-2009, JaVale McGee memilih nomor 34 di Washington Wizards. Nomor itu terus ia pakai saat ia bergabung ke Denver Nuggets. Setelah dari Nuggets, McGee menyebrang ke Philadelphia 76ers dan berganti ke nomor punggung satu. Nomor itu lantas ia gunakan juga saat meraih dua kali gelar juara bersama Golden State Warriors. Ia juga pernah mengenakan nomor 11 saat membela Mavericks. Di Lakers, ia berganti ke nomor punggung tujuh.

Selain deretan pemain baru, laman resmi Lakers juga menunjukkan nomor yang digunakan para ruki. Moritz “Moe” Wagner mengenakan nomr 15 sementara Svi Mykhailiuk memilih nomor 10.

Foto: NBA

 

Komentar