IBL

Kejadian cukup mengejutkan terjadi. Kyrie Irving yang notabene adalah duta produk Nike menolak sepatu yang dibuat untuknya. Produk tersebut adalah Nike Kyrie 8. Penolakan diungkapkan melalui akun media sosial pribadinya di akun Instagram @k11kicks. Unggahan yang dikomentari itu sedang memberikan bocoran tentang desain sepatu edisi kedelapan.

Begini kurang lebih pernyataan yang dilontarkan Kyrie:

“Saya tidak punya andil apapun terkait desain atau strategi pemasaran untuk Kyrie 8. Jelek sekali sepatu ini! Sama sekali tidak ada yang saya lakukan untuk produk ini! Nike berencana merilisnya tanpa persetujuan dari saya. Tanpa maksud apapun, saya meminta maaf atas terjadinya hal semacam ini.”

Penggawa Brooklyn Nets itu tampak tidak menyukai dan tersinggung dengan desain kedelapan ini.  Pernyataan tersebut menegaskan kalau ia sama sekali tidak disertakan dalam setiap proses pembuatan hingga strategi pemasaran. Permintaan maaf pada kalimat terakhir tersebut tampak ditujukan kepada para fan yang mungkin merasakan perasaan yang sama dengannya tentang kualitas sepatu.

Media manapun yang sudah terlebih dahulu mengabarkan berita ini mengutarakan fakta bahwa tidak ada satupun perwakilan Nike yang mau memberi klarifikasi. Ia memang memberi komentar di akun lain. Tapi tetap saja pernyataan Sang pemain dengan cepat menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

Akun tersebut memang berisi segala hal tentang Kyrie Irving. Tipikal media sosial berbasis penggemar. Topik utamanya tentu sepatu Nike Kyrie. Anda dapat melihat berbagai informasi terkait alas kaki eks-penggawa Cleveland Cavaliers itu di sana.

Kasus semacam ini sejatinya sudah beberapa kali terjadi. Kita bisa melihat ketidakpuasan Michael Jordan terhadap desain Air Jordan 2 hingga ia hampir saja hengkang ke Adidas. Kasus kedua terjadi saat LeBron James melontarkan kritik keras terhadap bentuk Nike LeBron 6 yang menurutnya kurang baik.

Pada masa lampau, kejadian semacam ini bisa diselesaikan secara terbuka. Mempertemukan kedua belah pihak untuk berembug menemukan solusi atas ketidakpuasan. Penyampaian argument ke publik biasanya dilakukan setelah ada mediasi sebelumnya.

Bedanya, pada era media sosial yang serba cepat ini, atlet bisa melontarkan apapun yang dia mau langsung ke khalayak ramai. Pihak merek pun harus berhati-hati dalam bertindak. Kejadian semacam ini bisa menyontreng nama baik dan berakibat pada menurunnya kepercayaan masyarakat. Dampak terburuknya tentu saja penjualan menurun sehingga pendapatan merosot.

Benjamin Nethongkome merupakan desainer untuk Kyrie 4 sampai 7. Sayangnya, desainer berdarah Thailand itu mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Padahal ia sudah bersahabat dengan Kyrie. Desain produknya pun memuaskan Sang pemain dan para penggemar.

Pengambil jabatan tersebut belum diumumkan sampai sekarang. Menandakan bahwa ada miskomunikasi antara pemain dengan desainer baru. Apapun penyebabnya, kita tidak akan pernah tahu sampai kedua belah pihak mengumumkan pernyataan resmi terkait perselisihan ini. (ajb)

Foto: NBAE via Getty Images

Komentar