IBL

Waralaba ‘Jurassic Park’ terbilang melegenda. Filmnya dimulai pada 1993 dengan Steven Spielberg selaku sutradara. Ia sukses membuat penontonnya serasa hidup bersama dinosaurus. Maka, wajar bila karya tersebut mendapatkan tempat tersendiri di penggemar film dunia. Hingga Reebok pun membuat koleksi spesial dengan tema film itu.

Sejauh ini sudah ada lima seri dirilis. Kesemuanya mendapatkan tanggapan positif dari para penggemar. Seri selanjutnya bertajuk ‘Jurassic World: Dominion’ akan dilepas pada 10 Juni 2022. Colin Trevorrow didapuk sebagai sutradara dan Frank Marshall sebagai produser.

Kepopulerannya tidak hanya bisa dilihat dari jumlah penghargaan dan rating fil. Pernak-pernik bertema Jurassic Park pun laris manis dijual. Rasanya setiap hal berbau dinosaurus berbagai spesies akan menyertakan emblem maupun logo film yang ikonik itu. Sementara kolaborasinya dengan Reebok menjajaki merchandise bertema sneaker pertama mereka sejak membuat film 28 tahun lalu.

Sejumlah karakter akan dapat dikenali apabila kita melihat setiap koleksinya dengan lebih rinci. Mulai dari mobil pengunjung, kaos motif bunga milik Dennis Nedry, gaya berpakaian Dr. Alan Grant, kartun Mr. DNA, seragam peneliti InGen, teori kekacauan yang dicetuskan Dr. Ian Malcolm, hingga sneaker bertema Dilophosaurus.

Semua seri sepatu ini akan dijual dengan tambahan kotak sepatu spesial. Setali tiga uang, Reebok merilis pula paket pakaian olahraga bertema sama sebagai pelengkap. Seluruh koleksi mulai diperjualbelikan pada 30 Juli 2021.

Instapump Fury OG – Mobil Pengunjung

 

Edisi pertama merepresentasikan dua hal yang jadi ikon kedua belah pihak. Reebok menyulap sepatu lari Instapump Fury OG dengan mobil yang dinaiki pengunjung untuk berkeliling melihat kehidupan dinosaurus. Ditempatkan pula detail pendukung seperti desain kursi penumpang, ornamen retaknya mobil setelah diinjak dinosaurus, serta penempatan logo di sol dalam.

Zig Devil Kinetica – Mobil Staf InGen

Dalam kolaborasi kali ini, Reebok sekaligus memperkenalkan siluet terbaru mereka. Yaitu Zig Devil Kinetica. Sepatu lari itu dimodifikasi dengan karakter mobil staf InGen selaku pengembang gen dinosaurus. Ada satu adegan memperlihatkan mobil staf hancur di area dekat pagar listrik. Itulah yang menjadi tema untuk detail sepatu ini.  Serta terdapat ornamen di sol samping yang terinspirasi dari tanah lumpur, tempat mobil tersebut beroperasi.

Club C 85 – Dennis Nedry

Nedry adalah seorang programmer sekaligus tokoh antagonis di film ‘Jurassic Park’ pertama. Ia menerima hasutan dari Biosyn untuk menyelundupkan embrio dinosaurus keluar pulau isolasi. Ia berakhir menjadi santapan Dilophosaurus. CIri khas Nerdy adalah kemeja pantai berwarna pink. Itulah tema modifikasi paling utama. Ditambah detail komputer IBM miliknya serta jas hujan yang ia pakai.

Club C 85 – Dr. Alan Grant

Berkebalikan dengan Dennis Nedry, Dr. Alan Grant adalah sosok protagonis sekaligus pusat alur cerita. Sepatunya berwarna cokelat terinspirasi dari celana khaki yang dipakai sepanjang film. Bagian dalamnya dibalut dengan motif bandana sebagai aksesoris. Serta tambahan ornamen cakar Velociraptor di sepatu kiri.

Club C Legacy – Mr. DNA

Mr. DNA merupakan kartun yang ada di dalam tayangan penjelasan tentang proses kebangkitan dinosaurus. Karakter tersebut muncul sebagai salah satu bentuk edukasi hiburan ke pengunjung Taman Dinosaurus. Bentuknya menyerupai proses pembuatan kembali gen dinosaurus. Adegan paling ikonik tentang bagian ini adalah ketika InGen mengawetkan fosil nyamuk yang jadi pembawa embrio dinosaurus. Kesemua cerita itu menjadi dasar pembubuhan detail pada sepatu.

Classic Leather – Dr. Ian Malcolm

Ian Malcolm merpakan ahli matematika penemu Teori Kekacauan. Ia merupakan karakter utama di waralaba kedua berjudul ‘ The Lost World: Jurassic Park’. Malcolm yang diperankan Jeff Goldblum kemudian tampil di seri lain sebagai pemeran pendukung. Meski seorang ilmuwan, Malcolm digambarkan sebagi tokoh yang piawai dalam berpakaian. Oleh karenanya, sepatu yang mengangkat karakternya memiliki detail unik dan menarik mata.

Jurassic Stomper – Seragam Staf InGen

Tidak hanya detail, sepatu ini dibuat benar-benar mirip dengan yang dipakai di film. Warna hitam jadi pilihan. Sementara bagian paling unik adalah terdapat sejumlah simbol bordir yang dapat dipasang di sepatu. Reebok telah menyediakan beberapa jenis sehingga kita bisa menggantinya sesuka hati.

Pump Omni Zone II -  Dilophosaurus

Dinosaurus dalam bentuk sneaker? Ini dia. Sebuah sepatu yang terinspirasi dari makhluk yang punah 65 juta tahun yang lalu. Detailnya pun mengikuti dinosaurus di film. Kehadirannya membuat alur cerita jadi lebih menarik dan menegangkan. Tampilan paling utama adalah ornamen di bagian upper yang mengambil bentuk kulit si hewan purba. (ajb)

Foto: Reebok