IBL

Tom’s terkenal dengan sepatu selop (slip-on) yang praktis. Laki-laki, perempuan, hingga anak-anak berukuran kaki normal menyukainya. Namun, apa jadinya bila sepatu itu berukuran 55 (41 sentimeter)? Itulah yang baru-baru ini dilakukan Shaquille O’Neal. Tak tanggung-tanggung, ia langsung beli 2000 pasang Tom’s yang seukuran dengan kakinya untuk program amal yang sedang ia jalankan.

Shaq, sapaan akrabnya, terkenal sebagai pemain gahar dengan fisik layaknya monster. Walau begitu, ia adalah seorang philanthropist (seorang yang suka memberi). Kali ini, misi amal yang ia jalankan tergolong unik. Footwear News mengabarkan, Shaq ingin membagikan 2000 sepatu Toms kepada yang membutuhkan. Hal ini disampaikan ketika Shaq menghadiri acara Reebok x Victoria Beckham pada 17 April 2018 waktu setempat.

Layaknya merek sepatu lain, Toms tidak pernah memproduksi sepatu berukuran 55. Untuk itu, Shaq langsung menghubungi pemilik Toms, Blake Mycoskie, supaya membuatkannya sebanyak 2000 pasang. Awalnya, Mycoskie tidak menyanggupi karena jumlah itu terlalu banyak untuk permintaan sepatu berukuran tidak biasa. Namun, Shaq bersikukuh hingga akhirnya proyek amal ini pun berjalan.

Shaquille O'Neal berpose di depan rak sepatu buatannya sendiri di Walmart.

 

“Hanya ada tiga merek sepatu yang saya pakai: Reebok, sepatu buatan saya sendiri (bernama Shaq), dan Toms,” ujar ayah Shareef O’Neal ini. “Saya suka Toms karena program mereka.”

Toms terkenal dengan program “One for One”. Setiap sepasang sepatu Toms terjual, mereka akan menyiapkan sepasang sepatu untuk diberikan secara cuma-cuma pada anak-anak yang membutuhkan. Bila Shaq membeli 2000 pasang, maka Toms akan menyiapkan 2000 pasang sepatu lain yang siap mereka bagikan.

Perjalanan karir basket Shaquille O’Neal tak bisa lepas dari Reebok walau Nike pernah menggodanya. Sejak pertama kali masuk ranah profesional pada 1992, ia sudah dikontrak jangka panjang dengan perusahaan asal Inggris itu. Phil Knight, pendiri Nike, pernah mengundangnya ke Oregon untuk berbicara soal bisnis. Dalam pertemuan itu, Shaq menggunakan baju, celana, hingga sepatu Reebok sebagai bentuk kesetiaannya.

Tak hanya itu, ia juga membuat sepatu dengan harga terjangkau dengan nama Shaq. Penjualan produknya dilakukan dengan menggandeng waralaba pasar modern Walmart. Pada 2015 lalu, Shaquille O’Neal mengabarkan dua produk sepatu Shaq, Shaq Zip-Up Basketball dan Shaq Retro High-Top telah terjual 120 juta pasang di Walmart melalui akun Facebooknya.

Shaq pernah menegur Lonzo Ball tentang sepatu yang dibuat Keluarga Ball. “Jangan buat sepatu yang terlampau mahal. Buatlah sepatu yang bisa dijangkau lebih banyak orang,” sentil Shaq untuk Lonzo. Pernyataan itu ia lontarkan ketika Keluarga Ball merilis sepatu bernama BBB (Big Baller Brand) dengan harga perdana AS$465 sedangkan sepatu Shaq dijual seharga AS$12,70 saja. Bahkan, Reebok Shaq Attack yang merupakan sepatu signature-nya dengan Reebok dijual dengan harga AS$68.

Foto: Sporting News, Toms

Komentar