IBL

Bukan Shaquile O'Neal namanya kalau tidak ada yang unik dalam perjalanan kariernya. Pada puncak popularitasnya, tepatnya di tahun 1994, perusahaan SEGA merilis permainan video bernama Shaq Fu. Ini adalah pemainan 2D pertarungan kungfu dengan Shaquile O'Neal sebagai aktor utamanya. Untuk mengenang masa-masa itu, Reebok merilis sneaker basket Shaqnosis dengan tema Shaq Fu.

Shaq Fu bisa dimainkan di Sega Mega Drive atau Genesis dan Super Nintento Entertaiment System. Tentunya anak 90-an tahu betul rasanya memainkan permainan ini. Alur cerita permainan ini sederhanya. Shaquille O'Neal sebagai pemain basket profesional sedang melakukan pertandingan amal di Tokyo, Jepang. Di situ Shaq bertemu dengan Leotsu, seorang ahli bela diri. Kemudian Shaq dikirim ke dimensi lain untuk menyelamatkan anak muda bernama Nezu yang ditawan mumi jahat Sett Ra. Rasanya memang aneh ketika melihat legenda NBA yang biasanya akrab dengan aksi slam dunk, tiba-tiba menjadi ahli bela diri.

Shaq Fu saat itu mendapat tanggapan buruk dari kritikus. Dianggap sebagai video game terburuk yang pernah dibuat. Tapi nyatanya, pada 5 Juni 2018 sekuel permainan ini dirilis kembali. Kali ini judulnya Shaq Fu: A Legend Reborn.

Kita tinggalkan Shaq Fu dengan pertarungannya yang unik. Kali ini fokus membahas kemitraan harmonis antara Shaq dengan Reebok. Saking harmonisnya sampai-sampai Rebook pun merilis salah satu sneaker Shaqnosis dengan tema Shaq Fu. Tampaknya edisi ini memang bukan proyek utama mereka. Sebab tahun ini Reebok juga mengeluarkan tema USA untuk Shaqnosis. Itu yang lebih serius. Bukan seperti yang satu ini.

Reebok Shaqnosis USA yang dirilis 1 Juni 2020 lalu. (Sumber: hypebeast)

Justru karena tidak serius, maka banyak keunikan dalam detail sneaker tersebut yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Mulai dari insole, justru ada gambar Minions. Tokoh dalam film Despicable Me yang ikonik dan lucu. Mereka digambarkan terlibat pertarungan sengit dengan latar belakang api membara. Meski terlihat menakutkan, namun karena tokoh yang digambar adalah Minions, tetap saja lucu.

Di bagian eksterior, seperti biasa ada panel melengkung khas Shaqnosis. Kali ini warnanya kuning dan hitam. Sebuah perpaduan warna yang sama sekali tidak ada dalam kisah hidup Shaquille O'Neal. Justru lebih terlihat seperti edisi Bruce Lee, karena motifnya sama persis dengan jumpsuit master bela diri Jeet Kune Do tersebut. Bahan sneaker ini menggunakan suede, sehingga menimbulkan kesan tiga dimensi.

Beberapa detail yang terkait dengan Shaquille O'Neal adalah logo di bagian sol bawah. Lalu logo "Shaq Fu" di bagian lidah. Serta ada bordir di bagian tumit dengan motif naga. Khas dengan hewan mitologi yang sering jadi simbol bela diri Asia. (tor)

Foto: sneakernews.com

Komentar