IBL

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, menekankan pentingnya disiplin protokol kesehatan di FIBA Asia Cup 2021, bulan Agustus nanti. Sebagai tuan rumah, Indonesia harus bisa menjadi cerminan tentang bagaimana sebuah turnamen bola basket skala internasional digelar.

FIBA Asia Cup 2021 sendiri akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada 17-29 Agustus 2021. Sistem "gelembung" (bubble) dan vaksinasi menjadi dua hal penting yang ditekankan Menpora.

"Soal vaksin, FIBA bilang belum semua negara merata terkait vaksin ini, tolong ditekankan lagi paling tidak untuk tim nasionalnya yang akan berangkat sudah divaksin," kata Menpora, dikutip dari situs iblindonesia.com.

"Sistem bubble itu harus tetap dipertahankan betul dengan ketat, minta juga komitmen FIBA akan hal ini. Sama dengan yang akan kita alami di Olimpiade Tokyo ini, bahkan dipisahkan wisma atlet dan hotel dan tidak bisa saling mengunjungi. Jadi hanya dari hotel ke tempat latihan atau tempat pertandingan.

Menpora berharap kegiatan ini dapat menghibur masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, jika diizinkan adanya penonton akan mengikuti peraturan dan protokol kesehatan yang sangat ketat dan sangat terbatas.

"Kegiatan ini juga sekaligus kita mempromosikan bagaimana menyelenggarakan kegiatan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Itu penting," tegas Menpora.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana FIBA Asia Cup 2021, Junas Miradiarsyah, memastikan instruksi Menpora akan dilakukan sebaik-baiknya. Sebanyak 16 negara peserta akan dipantau ketat setiap kegiatannya.

"Prinsipnya prinsip para atlet yang tiba di Indonesia akan dijemput menuju hotel, tidak ada aktivitas di tempat lain. Hanya hotel, tempat latihan atau tempat bertanding (bubble). Penonton hanya 10 persen dan yang sudah divaksin. Jika situasi Covid-19 membaik bisa persen dari kapasitas arena. Kalau tidak memungkinkan, maka pertandingan digelar tanpa penonton," jelasnya.

Rangkaian gelaran FIBA Asia Cup 2021 sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 12 Agustus. Sebab, ada babak kualifikasi terakhir yang akan diikuti oleh lima negara. Kualifikasi tersebut untuk menentukan tiga negara yang melaju ke babak 16 besar. (*)

Sumber berita dan foto: iblindonesia.com

Komentar