IBL

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyatakan dukungan untuk pelaksanaan kejuaraan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023. Selain untuk penyelenggaraan, dukungan juga akan diberikan pemerintah untuk Tim Nasional Basket Indonesia.

Pada FIBA World Cup 2023 nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. Sementara itu, Indonesia juga punya kesempatan menggelar Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, karena menggunakan sistem home-and-away.

Menpora RI Imam Nahrawi bertemu IOC Member Erick Thohir, dan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PP Perbasi Syailendra Bakrie pada Jumat 19 Juli 2019, di Jakarta. Menurut Menpora, bola basket merupakan olahraga yang digemari anak muda di Indonesia. Dari sisi prestasi, Indonesia juga bagus untuk level Asia Tenggara.

"Dengan adanya FIBA World Cup 2023, diharapkan bisa mewujudkan mimpi Indonesia untuk berprestasi di tingkat Asia, dan dunia," ucap Imam Nahrawi. "Persiapan tim nasional basket Indonesia juga pasti kami dukung. Saya menunggu pertemuan dengan FIBA untuk membicarakan kerjasama ini lebih lanjut."

Erick Thohir dan Syailendra Bakrie gembira dengan pernyataan Menpora RI. Mereka berharap dukungan pemerintah bisa menyukseskan turnamen-turnamen basket internasional di Indonesia. Selain itu, juga menjadi tambahan motivasi bagi pada pemain.

"Dukungan dari Menpora jelas menambah semangat atlet. Untuk tim putra, akan segera melakukan seleksi di bawah asuhan salah satu pelatih terbaik asal Serbia, Rajko Toroman," kata Syailendra Bakrie.

"Terima kasih atas dukungan Pemerintah Indonesia kepada FIBA World Cup 2023. Pertemuan FIBA dan Menpora menjadi langkah positif setelah sebelumnya bertemu pertemuan dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, H. Jusuf Kalla, serta Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani," kata Erick Thohir.

Kerjasama erat antara Pemerintah Indonesia, FIBA, dan PP Perbasi dan FIBA sangat penting demi suksesnya FIBA World Cup 2023, serta peningkatan prestasi Timnas Basket Indonesia. (tor)

Foto: Guustave Fabiano

Komentar