IBL

USA Basketball merilis nomor punggung yang akan dipakai para pemain timnas Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo nanti. Menariknya, Jayson Tatum bakal memakai nomor 10, yang selama ini identik sebagai nomor punggung mendiang Kobe Bryant saat membela timnas.

Kobe Bryant memang terkenal dengan nomor punggung 8 dan 24 di Los Angeles Lakers. Tetapi saat membela timnas dan meraih medali emas di Olimpiade 2008 dan 2012, Kobe memakai nomor 10. Kali ini, Jayson Tatum yang akan memakainya di Olimpiade 2021.

(Sumber foto: Orange County Register)

Tatum sendiri punya kenangan manis dengan nomor tersebut. Tatum memakai nomor 10 ketika membela timnas Amerika Serikat di FIBA Americas U-16 di Uruguay pada tahun 2013. Saat itu, Tatum yang berusia 15 tahun menjadi pemain timnas untuk pertama kali. Namun karena kini ada di timnas senior, salah satu motivasinya adalah menghidupkan kembali kenangan Kobe Bryant.

"Ini merupakan Olimpiade pertama timnas Amerika Serikat sejak kehilangan Kobe Bryant. Jadi memakai nomor punggung ini bisa membangkitkan kenangan. Tapi itu bukan sesuatu yang mudah," kata Tatum, dikutip dari nba.com.

Kepala pelatih USA, Gregg Popovich senang Tatum bisa bermain di Olimpiade Tokyo. Tatum dianggap orang yang tepat untuk bergabung dengan timnas. Padahal dia menjadi harapan Popovich di FIBA World Cup 2019, Tiongkok. Namun saat itu Tatum mengalami cedera pergelangan kaki. Soal nomor punggung, Popovich tidak mempermasalahkan. Bila membuat pemain percaya diri, maka tidak ada masalah dengan itu.

"Dia jauh lebih percaya diri. Dia mengembangkan lebih banyak keterampilan. Dia, di atas itu, lebih agresif dan tahu bahwa dia bisa mendominasi," kata Popovich.

Namun Tatum sendiri merasa bahwa nomor punggung tersebut masih milik Kobe Bryant. Dia hanya merasa terhormat bisa membangkitkan memori penggemar saja.

"Ini suatu kehormatan yang luar biasa," kata Tatum. "Dan saya akan memakainya dengan bangga."

(Sumber foto: twitter USA Basketball)

Nomor punggung timnas Amerika Serikat dimulai dari nomor 4, lalu berurutan sampai nomor 15. Kevin Durant memakai nomor 7, yang juga sama dengan nomor yang dipakai musim ini di Brooklyn Nets. Sementara Damian Lillard yang biasanya memakai nomor 0, kini memakai nomor 6. (tor)

Foto: Pounding the Rock

Komentar