IBL

Perjalanan cemerlang Boston Celtics di musim 2017-201tak terlepas dari peran ruki (rookie) mereka, Jayson Tatum. Meski baru memainkan musim pertamanya di NBA, Tatum tampak tak sungkan menunjukkan performa terbaiknya di hadapan penggemar. Di sisi lain, penampilan lepas Tatum juga tak lepas dari badai cedera yang menerpa bintang-bintang Celtics seperti Kyrie Irving dan Gordon Hayward.

Tatum hanya absen dua kali di musim reguler dan menorehkan rataan 13,9 poin, 5,0 rebound, dan 1,6 asis per laga. Akurasi keseluruhannya mencapai 47 persen sementara untuk urusan tripoin, akurasinya berada di angka 43 persen. Penampilan tersebut mengalami peningkatan di babak playoff. Mengemban tugas sebagai pencetak poin utama Celtics, Tatum rata-rata bermain 35,9 menit per laga dari 19 laga. Jumlah tersebut ia konversi menjadi 18,5 poin, 4,4 rebound, dan 2,7 asis per laga. Akurasi keseluruhannya masih sama di angka 47 persen. Sayangnya, untuk akurasi tripoin mengalami penurunan di angka 32 persen.

Penampilan gemilang pemain beusia 20 tahun tersebut di babak playoff membuat namanya sempat diperdebatkan dengan Donovan Micthell dan Ben Simmons. Ketiganya masuk menjadi kandidat akhir perebutan gelar Rookie of The Year. Tatum akhirnya finis ketiga di bawah Mitchell dan Simmons.

Meski disanjung setinggi langit, Tatum belum puas dengan penampilannya. Belum puasnya Tatum terbukti dengan unggahan Instagram terbarunya. Alumnus Duke University ini mengunggah foto sedang berlatih privat bersama legenda Los Angeles Lakers dan NBA, Kobe Bryant. Dalam foto tersebut, Tatum terlihat sedang melakukan permainan pos (post play) melawan Kobe.  Tak lupa ia menyertakan keterangan bertuliskan,” How much does it mean to you” @kobebryant. Menilik dari cara menulisnya, Tatum seolah mengatakan bahwa kalimat tersebut keluar dari mulut Kobe. “Seberapa besar hal itu berarti buatmu?”

Kobe sejak musim ini bekerja sama dengan ESPN membuat sebuah program analisis bertajuk “Detail.” Dalam sebuah seri, Kobe mengamati dan memberi beberapa penjelasan tentang permainan Tatum. Ia juga tak sungkan memberi pujian pada beberapa momen. “Ini benar-benar spesial bagi saya. Saya tumbuh dengan melihatnya sebagai idola saya. Hal ini sungguh luar biasa bagi saya,” ujar Tatum kepada ESPN mengenai acara Kobe yang mengulasnya tersebut.

“Saya mungkin sudah melihat video tersebut (Detail) lebih dari 25 kali. Apa yang diberikan Kobe adalah informasi yang sangat berarti bagi saya. Ia menyadari beberapa hal tentang permainan saya dan saya rasa semua ucapannya masuk akal dan dapat membantu saya berkembang,” tutup Tatum.

Foto: NBA, Instagram @jaysontatum0

 

Komentar