IBL

Nama LeBron James seolah tak ada habisnya untuk dibahas. Pemain yang mungkin layak dijuluki sebagai bintang basket paling bersinar di era ini terus datang dengan kabar-kabar terbarunya. Dalam kurun satu minggu terakhir, James baru saja membuka sekolah khusus untuk anak-anak yang kurang beruntung di kampong halamannya, Akron, Ohio, Amerika Serikat. Tak lama berselang, namanya masuk dalam cuitan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, melalui akun Twitter pribadinya. Cuitan yang sangat tidak layak dari seorang presiden tersebut menyerang pribadi James dan ditanggapi beragam oleh masyarakat dunia.

Senin, 6 Agustus 2018, waktu setempat, James kembali datang dengan berita terbaru. Dilansir Sports Illustrated, bapak tiga anak ini mulai menancapkan taringnya di Holywood, salah satu pusat hiburan terbesar di dunia. James akan menjadi tokoh balik layar dengan menjabat sebagai produser untuk serial documenter berjudul “Shut Up and Dribble.” Serial ini nantinya akan muncul di layanan streaming Showtime yang juga pernah membuat documenter untuk Kobe Bryant berjudul “Muse.”

Masih dari sumber yang sama, “Shut Up and Dribble” direncanakan mengudara pada bulan Oktober nanti, bulan yang sama dengan dimulainya musim baru NBA. Benang merah serial ini adalah melihat perubahan peran atlet-atlet Amerika Serikat seiring perubahan iklim dan budaya politik Amerika Serikat. Istilah “Shut Up and Dribble” yang diambil sebagai judul acara ini tidak lepas dari kasus yang melibatkan salah satu pembawa berita FOX, Laura Ingraham, di kisaran awal tahun 2018. Kala itu, Laura mengeluarkan komentar bahwa pemain basket lebih baik diam dan melantun bola saja ketimbang ikut bersuara di dunia politik Amerika Serikat.

Komentar tersebut muncul setelah para pemain dan ofisial Golden State Warriors menolak berkunjung ke Gedung Putih, kantor dari Presiden Trump. Langkah tersebut diambil Warriors karena merasa Trump beberapa kali memberi komentar negatif kepada etnis tertentu dan atlet-atlet olahraga Amerika Serikat.

Tak sendiri, James juga akan ditemani oleh Maverick Carter dan Rich Paul sebagai produser eksekutif. Serial ini nantinya akan dimulai dengan mengambil waktu pada 1976, saat American Basketball Associaton (ABA) dan National Basketball Association melebur menjadi satu. Lalu alur cerita akan mengarah ke perjalanan para atlet menjadi tokoh berpengaruh di Amerika Serikat bahkan dunia di segala aspek kehidupan.

“Shut Up and Dribble” akan menjadi acara acara kedua James di tahun ini. Selain serial ini, James juga menjalin kerja sama dengan HBO untuk acara berjudul “The Shop”. Direncanakan mengudara pada 28 Agustus 2018, acara itu menjadikan James sebagai pemandu acara yang mengundang beberapa tamu untuk berdiskusi di sebuah tempat cukur rambut.

Foto: Variety

 

Komentar