IBL

Milwaukee Bucks menang 123-112 atas Atlanta Hawks pada Gim 5 Final Wilayah Timur, di Fiserv Forum, Kamis malam, waktu setempat. Lewat hasil tersebut, Bucks membuka jalan menuju Final NBA 2021, karena unggul 3-2 dari Hakws. Bucks juga membuktikan bahwa mereka tidak bermasalah ketika Giannis Antetokounmpo harus absen karena cedera lutut. Ada empat pilar yang siap menopang Bucks di pertandingan ini.

Brook Lopez jadi top skor Bucks dengan mencetak 33 poin, yang sekaligus jadi catatan poin tertinggi di playoff sepanjang karirnya. Selain Brook, tiga pemain starter lainnya juga mencetak 20+ poin. Mereka adalah Khris Middleton (26 poin, 13 rebound, 8 asis), Jrue Holiday (25 poin, 13 asis, 6 rebound), Bobby Portis (22 poin). Sedangkan P.J. Tucker yang juga dipasang sebagai starter menyumbang 5 poin dan 11 rebound.

Pertandingan kelima di seri best-of-seven antara kedua tim dianggap seimbang. Keduanya sama-sama kehilangan bintang utamanya. Giannis Antetokounmpo mengalami cedera lutut kiri di gim sebelumnya. Sebaliknya, di kubu Hawks juga bermain tanpa Trae Young. Dia absen dua gim berturut-turut karena cedera tulang kaki kanan. Young cedera setelah tidak sengaja menginjak kaki wasit di gim ketiga.

Bogdan Bogdanovic memimpin Hawks dengan catatan 28 poin. Kemudian John Collins dan Danilo Gallinari sama-sama mencetak 19 poin. Dari bangku cadangan, Lou Williams menyumbang 17 poin. Williams membantu mengatur serangan Hawks di babak kedua.

Bucks unggul 36-22 setelah kuarter pertama. Tidak mengejutkan, karena mereka sudah memimpin 28-8 di awal laga. Hawks baru bangkit setelah tambahan 13 poin dari Bogdanovic di kuarter kedua membuat jarak terpangkas jadi 56-65 saat turun minum. Masalah konsistensi bisa diatasi Bucks di babak kedua. Meski Hawks sempat mendekat dengan jarak enam poin di awal kuarter ketiga, tapi Bucks mampu menjaga jarak tetap di atas 10 poin di kuarter keempat.

Bucks mencetak akurasi tembakan 50,5 persen dengan torehan 66 poin dari paint area. Salah satu faktor yang membuat mereka bisa menang adalah penguasaan bola yang baik. Bucks hanya membuat delapan turnover sepanjang pertandingan. Middleton dan Holiday juga berperan besar sebaga fasilitator untuk Brook Lopez. Mereka berdua menyumbang 21 asis dari total 28 asis tim Bucks di pertandingan tersebut.

Gim keenam akan digelar hari Minggu, 4 Juli 2021, waktu Amerika Serikat di kandang Hawks. Kalau menang, Bucks menjadi lawan Phoenix Suns di Final NBA 2021. (tor)

Foto: nba.com

Komentar