IBL

Manajemen dan staf pelatih Timnas Indonesia tidak hanya memperhatikan sisi teknis saja dalam Pemusatan Latihan jelang FIBA Asia Cup 2021. Faktor non-teknis juga tidak luput dari pantauan. Terutama untuk menjaga pemain agar tetap semangat selama latihan di masa pandemi Covid-19. Manajemen akhirnya memindahkan tempat Pemusatan Latihan ke luar Jakarta.

Timnas Indonesia yang biasanya latihan di GBK Arena Senayan, Jakarta Pusat, kali ini dilaksanakan di Breeze, BSD, Serpong, Tangerang Selatan. Langkah ini harus diambil karena kasus Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia meningkat, termasuk DKI Jakarta.

"Kami latihan di sini karena masalah ketersediaan tempat latihan saja," ungkap Asisten Pelatih Timnas Basket Indonedia, Wahyu Wijayat Jati.

Tapi pihak manajemen mengakui bahwa mereka tetap menaruh perhatian besar pada kesehatan dan keselamatan pemain. Selain itu, agar pemain tidak jenuh, karena pemusatan latihan ini berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga perlu ada penyegaran suasana supaya pemain tidak jenuh.

"Keadaan kasus Covid-19 yang meningkat saat ini, menjadi tantangan kami. Namun manajemen dan staf pelatih berusaha menjaga keselamatan pemain. Juga membuat mereka tidak jenuh dalam latihan. Kami juga selalu menjaga protokol kesehatan," kata Maulana Fareza Tamrella selaku manajer timnas, seperti dikutip dari rilis PP Perbasi.

Pemusatan latihan ini sudah masuk program yang penting. Mengingat babak utama FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta tinggal sekitar dua bulan lagi. Para pemain juga dituntut untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Untuk memancingnya, maka Timnas Indonesia berencana memanggil beberapa pemain lagi, minggu depan. Gunanya untuk membandingkan kemampuan tim yang sudah ada sekarang, dengan pemain-pemain baru. Kalau tidak sesuai dengan kebutuhan tim, bisa-bisa pemain tersebut dicoret dari timnas.

"Rencananya akan ada penambahan pemain mulai senin depan dan awal Agustus akan ada promosi-degradasi pemain," jelas Mocha, sapaan karib Maulana Fahreza Tamrella.

Timnas Indonesia sendiri akan tampil dalam Kualifikasi Terakhir yang akan digelar 12-14 Agustus 2021. Di fase ini, Indonesia akan berhadapan dengan Guam dan Taiwan. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - PP Perbasi

Komentar