IBL

Sebagai seorang pensiunan NBA, nama Kareem Abdul-Jabbar spesial di antara yang lain. Ia punya beragam prestasi gemilang yang sulit dilewati. Setelah pensiun pun ia terus aktif dalam melakukan berbagai aktivitas. Yang terbaru adalah dirinya sedang menawarkan 33 pasang Adidas Forum Low seharga AS$1000, atau sekira Rp14,5 juta. Untuk apa proyek itu?

Ternyata Jabbar sedang mengumpulkan dana untuk Skyhook Foundation. Sebuah yayasan amal yang ia bangun sendiri. Seluruh keuntungan dalam penjualan akan masuk ke sana. Selanjutnya disalurkan kepada para penduduk kurang mampu di Amerika Serikat. Fokusnya saat ini adalah pendanaan bagi murid-murid yang mengalami putus sekolah akibat kondisi ekonomi.

Detail yang memperlihatkan serat jersey otentik Lakers.

Seluruh sepatu didekonstruksi oleh Factory8384, seorang entusias yang hobi dalam membedah sepatu. Ia menggunakan basis Adidas Forum Low. Bagian atasnya kemudian diganti dengan kain dari seragam tanding Los Angeles Lakers otentik.

Sejumlah detail ditambahkan untuk menghormati pencapaian Jabbar. Mulai dari nomor 33 yang berada pada sisi luar. Termasuk lapisan berwarna emas di tampak di beberapa bagian. Ornamen tersebut adalah bentuk apresiasi atas Lakers yang sukses menjuarai liga pada 1985. Di tahun itu, Sang legenda dinobatkan sebagai MVP laga final.

Sebelum dijual secara daring melalui situs NTWRK yang dijalankan oleh manajemen event Sneakercon, Jabbar menandatangani sendiri ke-33 pasang sepatu. Itu dilakukan untuk memberi apresiasi kepada siapa saja yang membeli produk spesial ini.

Benar saja. Seluruh stok ludes terjual dalam 2 menit 38 detik. Penjualan dilakukan hari ini 27 Juni 2021 waktu Amerika Serikat. Kabar itu pertama kali disampaikan Todd Stanbury selaku Manajer Divisi Desain Adidas USA lewat fitur Instagram Stories.

“Saya dengan bangga mempersembahkan sebuah sepatu yang menceritakan tentang prestasi yang dicapai musim 1984-85. Perilisan ini hanya akan dilakukan sekali. Seluruh keuntungan disalurkan kepada yang membutuhkan melalui Skyhook Foundation,” tulis Jabbar dalam akun Instagram pribadi.

Selama berkarir, ia memang tidak pernah terikat kerjasama seumur hidup dengan sebuah merek sepatu. Di penghujung karir Jabbar sempat memakai L.A Gear Air Stream. Akan tetapi, Adidas punya momen spesial dengannya. Mereka pernah membayar uang sponsor kepada Jabbar senilai AS$25 ribu pada 1969. Itu adalah kerjasama pebasket dengan merek olahraga terbesar di masanya.

Kerjasama Adidas-Jabbar adalah yang terpanjang sepanjang berkarir. Ia tercatat memakai sejumlah sepatu legendaris saat bertanding. Mulai dari Superstar, Forum, hingga memiliki sebuah sepatu signature bernama Adidas Kareem. Sayang rekam jejak kerjasama tersebut tidak dirawat dengan baik sehingga catatannya agak simipang siur.

Terlepas dari itu, Adidas telah menyadari pencapaian Jabbar. Kini kedua belah pihak tampak mesra dengan beberapa kali membuat edisi khusus untuk menghormati kisah karir Kareem Abdul-Jabbar selama di NBA. (ajb)

Foto: adidas LA

Komentar