IBL

Manajemen Brooklyn Nets tampaknya tidak mencari kambing hitam atas kegagalan mereka di Playoff NBA 2021. Tetapi manajemen justru sedang mencari cara agar trio bintangnya tetap bertahan. Kevin Durant, James Harden, dan Kyrie Irving sudah membangun budaya baru di Nets. Mereka layak dipertahankan.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Manajer Umum Nets, Sean Marks, kepada New York Times. Menurutnya, manajemen sedang mencari cara untuk tetap memakai jasa mereka musim depan. Meski risikonya, biaya yang dikeluarkan klub bakal lebih besar.

"Mungkin terlalu dini untuk berdiskusi tentang masa depan mereka. Tetapi jelas kami berkomitmen untuk mereka bertiga. Mereka sudah memainkan peran besar dalam membangun tim ini. Mereka membangun budaya dan identitas tim ini ke arah yang lebih baik," kata Marks.

Menurut Bobby Marks dari ESPN, situasi kontrak Kevin Durant, James Harden, dan Kyrie Irving baru bisa diperbaharui setelah musim 2021-2022. Artinya, kalau Nets ingin menawarkan kontrak jangka panjang hingga 2026, bisa dilakukan tahun depan. Syaratnya, mereka bertiga tidak memilih terjun ke bursa pemain "free agent".

Durant bisa menandatangani kotrak selama empat tahun dengan nilai AS$ 197,7 juta. Kemudian Harden bisa disodori kontrak tiga tahun senilai AS$161,1 juta, dan Irving bisa diikat selama empat tahun dengan nilai kontrak AS$181,6 juta. Begitulah prediksi dari Bobby Marks. Soal berapa jumlah tepatnya nilai kontrak yang bakal disodorkan kepada ketiga pemain, tergantung pada manajemen Nets.

Saat ini, Nets punya sembilan pemain yang bakal berstatus "free agent", termasuk Jeff Green, Blake Griffin, dan Bruce Brown. Dari jumlah tersebut juga sudah termasuk Spencer Dinwiddie yang menolak perpanjangan kontrak dengan Nets, dan memilih masuk bursa "free agent". Jadi di jeda musim nanti, Sean Marks mengumumkan bakal ada perubahan dari sisi roster pemain.

"Saya yakin penggemar menyukai kelanjutan. Mereka pasti berharap tim yang ada sekarang dipertahankan. Tapi itu tiak bisa, karena tetap harus ada perubahan. Tidak semua keputusan juga ada di tangan kami. Terkadang, pemain bisa memilih langkah mereka sendiri," ungkap Sean Marks.

Tapi Sean Marks yakin, dengan mempertahankan trio Durant, Harden, Irving, maka semakin banyak pemain hebat yang tertarik memakai seragam Nets. Ketiga pemain tersebut jadi daya tarik tersendiri bagi pemain-pemain lainnya di liga.

"Saya melihat, para pemain di liga ingin tampil bersama mereka bertiga. Sekarang terserah kami, mau dibuat seperti apa tim ini. Kami melihat para pemain tidak pernah menolak untuk bisa bersanding dengan tiga bintang berkaliber tinggi seperti Durant, Harden, dan Irving," imbuhnya.

Sementara manajemen sibuk mengatur strategi untuk mencari pemain yang cocok, Steve Nash sebagai kepala pelatih sibuk menjadi juru bicara bagi ketiga asisten pelatihnya. Nash ingin agar salah satu dari asistennya, yaitu Mike D'Antoni, Ime Udoka, dan Jacque Vaughn naik pangkat. Artinya, Nash ingin mereka jadi kepala pelatih di NBA juga. (tor)

Foto: ESPN

Komentar