IBL

LA Clippers sebelumnya tertinggal 0-2 dari Utah Jazz di Semifinal Wilayah Barat. Tetapi mereka tampil lebih agresif di Gim 3 yang berlangsung Sabtu malam, di Staples Center. Clippers menang 26 poin (132-106), dan memotong keunggulan Jazz jadi 1-2 di seri best-of-seven.

Kawhi Leonard mencetak 34 poin, 12 rebound, dan 5 asis. Paul George menambahkan 31 poin. Sementara Nicolas Batum dan Reggie Jackson sama-sama menyumbang 17 poin. Sebaliknya Donovan Mitchell mencetak 30 poin untuk Jazz. Disusul Joe Ingles (19 poin), Jordan Clarkson (14 poin), Royce O'Neale (12 poin), serta Rudy Gobert (12 poin dan 10 rebound).

Setelah tertinggal 0-8 di awal laga, Clippers terlecut untuk memperketat pertahanan. Tujuannya untuk menghalangi serangan Jazz ke paint area, dan mencoba menjauhkan para penembak jitu. Ternyata strategi tersebut membuahkan hasil. Clippers unggul 27-23 di kuarter pertama, serta memimpin 15 poin (64-49) saat turun minum.

Jazz sebenarnya menemuman momentum untuk bangkit di kuarter ketiga. Tapi mereka gagal menghentikana duo Clippers, George dan Leonard. PG13 mencetak 20 poin di babak pertama, dan menambahkan 5 poin di kuarter ketiga. Saat George menurun, justru Kawhi Leonard sulit dihentikan di kuarter ketiga. Kalau ditotal setelah pertandingan usai, kedua pemain mengoleksi 65 poin untuk Clippers.

Sebenarnya, Jazz punya momentum besar di awal kuarter keempat. Mereka berpeluang menurunkan defisit jadi satu digit poin di awal kuarter keempat. Sayangnya, dua turnover berturut-turut dari Georges Niang membuat Clippers bisa menaikkan jarak di atas 10 poin.

Jazz sepertinya merindukan kehadiran Mike Conley. Dia sudah absen tiga pertandingan beruntun karena cedera hamstring kanan. Tanpa Mike Conley, Jazz kurang baik dalam penguasaan bola. Mereka tampak berhati-hati agar tidak terjebak dalam permainan isolasi. Apalagi, kepala pelatih Clippers, Tyronn Lue sudah menemukan cara untuk menahan serangan Jazz. Pernyataan tersebut dilontarkan setelah gim kedua. Terbukti di gim ketiga, mereka memang mampu menahan serangan Jazz.

Gim keempat akan digelar Senin malam, waktu setempat di Staples Center. (tor)

Foto: nba.com

Komentar