IBL

LA Clippers akhirnya tampil di Final Wilayah Barat. Sebuah prestasi yang tidak pernah mereka capai sejak klub tersebut berdiri tahun 1970. Musim ini, Clippers seperti menghapus kutukan di Playoff NBA, setelah mengalahkan Utah Jazz dengan keunggulan 4-2 di Semifinal Wilayah Barat. Di laga keenam hari ini, Clippers menang 131-119. Clippers menorehkan sejarah ini tepat saat mereka tampil di Staples Center.

Publik tuan rumah sempat khawatir. Sebab, Clippers tertinggal 25 poin di menit-menit akhir kuarter ketiga. Namun mereka bisa membalikkan keadaan setelah mampu memecahkan pertahanan. Khususnya mengecoh Rudy Gobert di babak kedua. Kuncinya dengan memaksimalkan peran dari Terance Mann. Dia bisa mencetak 20 poin di kuarter kedua, dari total 39 poin di laga ini. Catatan tersebut menjadi rekor poin terbanyak untuk pemain Clippers dalam satu kuarter di playoff.

Paul George menyumbang 28 poin, 9 rebound, dan 7 asis. Reggie Jackson menambahkan 27 poin, 10 asis, dan 3 rebound. Disusul Nicolas Batum (16 poin) dan Patrick Beverly (12 poin). Clippers tidak diperkuat Kawhi Leonard yang mengalami cedera lutut. Sebaliknya di kubu Utah Jazz, Donovan Mitchell mencetak 39 poin, 9 rebound, dan 9 asis. Jordan Clarkson dan Royce O'Neale sama-sama mencetak 21 poin. Bojan Bogdanovic menyumbang 14 poin. Sementara Rudy Gobert menyumbang 12 poin dan 10 rebound.

Kurang lebih satu dekade, Clippers sudah mencoba berbagai cara untuk menghapus rekor buruk mereka. Banyak pemain yang didatangkan, mulai dari Blake Griffin, Chris Paul, DeAndre Jordan, Kawhi Leonard, hingga Lou Williams. Tapi mereka sukses mencapai Final Wilayah Barat dengan duet Kawhi Leonard dan Paul George. Meski dalam dua pertandingan terakhir, muncul pahlawan yang tidak pernah diperhitungkan sebelumnya, yaitu Terance Mann.

Perjalanan Clippers di playoff musim ini juga terbilang terjal. Di babak pertama mereka berhadapan dengan Dallas Mavericks. Clippers awalnya tertinggal 0-2. Menurut catatan liga, tidak ada tim yang pernah selamat di playoff setelah tertinggal 0-2. Namun Clippers membuktikan bahwa mereka mampu memenangkan seri tersebut dengan keunggulan 4-3.

Di babak semifinal, Clippers juga tertinggal 0-2 dari Utah Jazz, yang notabene unggulan teratas di Wilayah Barat. Clippers memenangkan empat pertandingan beruntun, meski harus kehilangan Leonard di tengah jalan. Bahkan mereka sempat tertinggal 25 poin di gim keenam.

Sementara itu, di Final Wilayah Barat, Clippers akan bertanding menghadapi Phoenix Suns yang sudah lolos lebih dulu. (tor)

Foto: Fadeaway World

Komentar