IBL

Philadelphia 76ers sementara unggul 2-1 di seri best-of-seven Semifinal Wilayah Timur melawan Atlanta Hawks. Selain peran Joel Embiid, Sixers juga butuh memaksimalkan peran Ben Simmons.

Ben Simmons sukses menjawab kritik di gim ketiga melawan Hawks. Pemain Australia tersebut bangkit di kuarter ketiga dan menyelesaikan laga dengan catatan 18 poin, 7 asis, dan 4 rebound. Simmons jadi salah satu dari enam pemain Sixers yang mencetak poin digit ganda di laga tersebut.

Tetapi kalau dilihat lebih jauh, terutama dari jalannya pertandingan, ternyata Simmons bisa memperbesar peluang Sixers untuk memenangkan laga. Simmons hanya mencetak empat poin saja sampai babak pertama usai. Tugas utamanya jelas, yaitu tidak perlu mencetak poin, cukup menekan laju Trae Young saja. Hasilnya memang bagus, karena Young tidak sampai mencetak 30 poin, atau di laga ini hanya menorehkan catatan 28 poin dan 8 asis untuk Hawks.

Setelah itu, Simmons membuat perubahan besar di kuarter ketiga. Dia tidak hanya mengemban tugas sebagai pemain bertahan saja, justru pada saat kuarter ketiga, Simmons mulai ikut membantu serangan. Dia bisa mencetak 11 poin dan 3 asis selama kuarter ketiga, itu membuat Sixers menjauh 34-19 dari Hawks.

Dikutip dari Fox Sports, legenda NBA Earving 'Magic' Johnson pernah menuliskan sebuah pernyataan mengenai Ben Simmons dalam akun Twitter-nya. Pesan tersebut berbunyi," Jika Sixers ingin memenangkan Gim 3 di Atlanta, Ben Simmons harus lebih agresif membantu serangan".

Hal senada juga diungkapkan oleh Zach Lowe dari ESPN dalam podcast 'The Lowe Post'. Simmons perlu terlibat lebih jauh dalam serangan, terutama saat melakukan transisi.

"Bila Sixers bisa mengatur irama permainan yang baik dan teratur, maka mereka akan mendapatkan keuntungan besar dari kehadiran Ben Simmons. Dia adalah akselerator terbaik untuk pertahanan dan saat transisi menyerang di liga, selain Giannis (Antetokounmpo)," kata Zach Lowe.

Simmons sendiri menunjukkan dua penampilan berbeda dalam dua kemenangan beruntun atas Hawks. Di gim kedua, Simmons benar-benar fokus dalam bertahan, khususnya menjaga Trae Young. Sixers menang, namun Simmons hanya menyumbang empat poin saja. Tapi Young hanya bisa mencetak 21 poin. Kemudian di gim ketiga, Simmons membantu serangan dengan menyumbang 18 poin. Tapi sepertinya, pejagaan Simmons terhadap Young longgar, sehingga dia bisa mencetak 28 poin. Jadi kesimpulannya, Ben Simmons lebih baik fokus menjaga Trae Young saja, dan menyerahkan tugas sebagai pengumpul poin kepada Joel Embiid.

Sixers sekarang unggul 2-1 dari Hawks. Tetapi mereka kemungkinan bakal kehilangan Danny Green di gim keempat. Green mengalami cedera betis kanan di gim ketiga. Dia hanya bermain delapan menit, lalu tidak kembali ke pertandingan. Beruntung ada Matisse Thybulle dan Furkan Korkmaz yang menggantikan tugas Green. (tor)

Foto: nba.com

Komentar