IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta akan bertemu di partai final IBL 2021, yang dimulai besok malam, 3 Juni 2021, dengan sistem best-of -three. Kedua tim ternyata punya catatan pertemuan yang menarik, khususnya dalam enam tahun terakhir.

Satria Muda dan Pelita Jaya pernah bertemu di Final NBL Indonesia 2014-2015. Satria Muda menjadi juara liga menang 62-54 dari Pelita Jaya, Minggu, 10 Mei 2015. Pertemuan kedua tim di final terjadi di IBL musim 2016-2017. Kali ini Pelita Jaya berhasil menjadi juara setelah unggul 2-1.

Pertemuan ketiga Satria Muda dan Pelita Jaya terjadi di Final IBL 2017-2018. Masih dengan sistem best of three, Satria Muda kali menang 2-1 atas Pelita Jaya. Mereka berhasil membalas kekalahan musim sebelumnya. Kalau dilihat dari catatan gelar Satria Muda, maka itulah piala terakhir yang didapatkan Arki Dikania Wisnu dan rekan-rekan dalam lima tahun terakhir. Karena setelah itu, mereka kalah 0-2 dari Stapac di Final IBL 2018-2019.

Berbeda lagi dengan musim reguler. Ternyata sejak IBL 2015-2016 sampai sekarang, Satria Muda dan Pelita Jaya seri (5-5).

(Sumber: IBL Indonesia)

 

Rabu sore, IBL mengadakan konferensi pers jelang final. Kedua tim sama-sama yakin mereka bisa mengalahkan lawannya dengan skor mutlak.

"Kalau dari kami, kami yakni bisa 2-0 untuk Pelita Jaya," kata kepala pelatih Pelita Jaya, Octaviarro Romely Tamtelahitu.

"Saya dan teman-teman juga ingin 2-0. Kami yakin bisa mendapatkan juara dengan kemenangan mutlak," timpal Arki Dikania Wisnu, kapten tim Satria Muda.

Keyakinan dua kubu ini didukung dengan suasana liga yang nyaman. Padahal di awal musim, liga sempat khawatir karena menyelenggarakan kompetisi di masa pandemi. Kemudian tanpa pemain asing, dan banyak lagi faktor yang membuat IBL musim ini terancam tidak sukses. Tapi setelah sampai di laga puncak, IBL membuktikan bahwa semua berjalan lancar tanpa hambatan.

"Inilah data-data yang kami dapatkan selama ini. Bahwa kami sudah membuktikan bahwa pandemi bisa dikalahkan dengan komitmen semua pihak, kemudian liga juga tetap seru, meski tanpa pemain asing," jelas Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL.

(Sumber: IBL Indonesia)

Gim pertama Satria Muda melawan Pelita Jaya berlangsung besok malam, 3 Juni 2021. Tip-off akan dilangsungkan pukul 19.00 WIB. Gim kedua digelar keesokan harinya, 4 Juni 2021. Lalu, bila terjadi kedudukan sama kuat, maka ada gim ketiga pada 6 Juni 2021. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar