IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta akan kembali bertemu Pelita Jaya Bakrie Jakarta di Final IBL. Kepastian tersebut didapatkan setelah Satria Muda menang 72-48 melawan West Bandits Solo, di Gim 2 Semifinal IBL 2021 Divisi Putih, Minggu malam.

Satria Muda tampil dominan dalam pertandingan ini. Mereka tidak membiarkan lawan menyamakan kedudukan hingga akhir laga. Bahkan Satria Muda sempat mencetak keunggulan 28 poin. Arki Dikania Wisnu mencetak 19 poin, 8 rebound, dan 2 asis. Juan Laurent Kokodiputra menambahkan 13 poin, dan Christian Gunawan menyumbang 10 poin.

Satria Muda unggul poin di paint area dari West Bandits (34-16). Mereka juga menguasai rebound (51-35) dan poin dari kesempatan kedua atau second chance (13-1). Satria Muda mencetak akurasi tembakan sebesar 41 persen (27/65). Sebaliknya West Bandits ada di kisaran 25 persen (15/60).

"Kami bermasalah dengan rata-rata tinggi badan pemain. Mereka bisa menyerang paint area kami dengan mudah. Dari situ kami merasa bahwa tim lawan layak lolos ke final," kata kepala pelatih West Bandits, Raoul Miguel Hadinoto.

"Dengan segala kesulitan yang kami hadapi di awal, tapi kami bisa mencetak sejarah bahwa tim debutan masuk empat besar. Kami masih punya keterbatasan. Kami akan berbenah untuk tahun depan."

Satria Muda akan kembali berjumpa dengan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Sejak IBL bergulir kembali di tahun 2016, Satria Muda dan Pelita Jaya dua kali bertemu di babak final, yaitu di tahun 2017 dan 2018. Dari dua pertemuan tersebut, kedua tim berbagi gelar. Pelita Jaya menang di tahun 2017, sedangkan Satria Muda menang tahun 2018.

Sementara untuk Satria Muda sendiri, mereka sudah empat kali masuk Final IBL berturut-turut sejak 2017 (kecuali di musim 2020 yang dibatalkan karena pandemi Covid-19). Pada tiga kali final sebelumnya, Satria Muda harus puas berada di peringkat kedua (2017 dan 2019). Kali ini Satria Muda ingin mewujudkan target menjadi juara.

"Ini memang perjuangan semua pemain, staf pelatih, dan manajemen agar kami bisa sampai ke titik ini. Untuk Pelita Jaya, saya tidak ingin berkomentar, tapi saya dan rekan-rekan ingin fokus di tim sendiri saja," kata Arki Dikania Wisnu, kapten tim Satria Muda.

Babak final akan tetap digelar di Kastel IBL, di Mahaka Arena, Kelapa Gading. Pertandingan pertama akan digelar 3 Juni mendatang. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - IBL Indonesia

Komentar