IBL

Joel Embiid keluar setelah bermain 11 menit di gim keempat Philadelphia 76ers melawan Washington Wizards di Capital One Arena, Senin malam, waktu setempat. Sekarang seluruh tim dan penggemar Sixers berharap pemain bernomor punggung 21 tersebut tidak cedera parah.

Dampak kehilangan Embiid langsung terasa seketika. Sixers kalah 114-122 di pertandingan tersebut, sekaligus gagal menyingkirkan Wizards dari playoff putaran pertama. Embiid mengalami cedera setelah terlibat duel udara dengan Robin Lopez. Embiid hendak memasukkan bola, lalu Robin melakukan blok yang bersih. Saat mendarat, terlihat Embiid kehilangan kesembangan sehingga tumpuannya kurang bagus. Embiid duduk dan meringis kesakitan.

Kepala pelatih Sixers, Doc Rivers mengatakan bahwa Embiid akan menjalani pemeriksaan MRI pada hari Selasa, waktu setempat. Tetapi tidak ada pernyataan resmi mengenai kondisi terakhirnya. Embiid masih diragukan tampil di gim kelima, di seri best-of-seven ini. Meski kenyataannya Sixers masih unggul 3-1, dan butuh satu kemenangan saja untuk mengakhiri perjalanan Wizards musim ini.

"Kami jelas membutuhkan dia (Joel Embiid), sebagai pemain bertahan yang tangguh dan memperbesar kemungkinan kami menang. Tapi bukan berarti kami tidak bisa menang tanpa dia," kata Danny Green, dikutip dari ESPN.

Embiid sudah pernah absen di musim ini karena cedera yang sama. Embiid absen 21 pertandingan, dan karena itu gelar MVP NBA masih jadi perdebatan bila diberikan padanya. Menurut data dari Statmuse, Sixers mencetak rekor 10-11 selama Embiid absen di musim reguler 2020-2021.

Tetapi situasinya kali ini berbeda. Sixers harus berhadapan dengan Wizards, yang penuh kejutan. Russell Westbrook dan Bradley Beal tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski tertinggal 1-3, mereka masih dua orang yang pantang menyerah.

Seandainya sudah melewati Wizards di putaran pertama, tantangan justru semakin berat. Ada Atlanta Hawks yang juga sudah mengintip semifinal Wilayah Timur, setelah unggul 3-1 dari New York Knicks. Jadi absennya Embiid benar-benar jadi pukulan berat bagi Sixers. (tor)

Foto: ESPN

Komentar