IBL

Brooklyn Nets membuka perjalanan playoff dengan kemenangan 104-93 atas Boston Celtics, Sabtu 22 Mei 2021, waktu setempat. Membuka laga dengan solid, Celtics seolah kehilangan jati diri di paruh kedua. Keunggulan enam poin di jeda babak (sempat unggul 12 poin) hilang begitu saja di kuarter tiga. Kuarter empat jadi ajang pemain-pemain Nets unjuk gigi dan membuka keunggulan hingga 17 poin sebelum menang dengan selisih 11 poin.

Celtics hanya memasukkan dua tripoin di paruh kedua. Bahkan, tripoin pertana mereka di paruh kedua tercipta saat gim tersisa 92 detik saja. Hal itu berbanding jauh dengan 9/17 tripoin Celtics di paruh pertama pertandingan. Di sisi pertahanan, perubahan susunan pemain Nets membuat Celtics kesulitan menentukan prioritas penjagaan. Tanpa kehadiran Jaylen Brown, Celtics harus menghadapi dua missmatch kala Nets terus mengarahkan serangan ke Kemba Walker atau Tristan Thompson.

Trio Kevin Durant, Kyrie Irving, dan James Harden tampil dominan. Ketiganya mengemas total 82 poin dari keseluruhan poin Nets. Jumlah tersebut setara dengan 79 persen distribusi poin tim. Durant dobel-dobel 32 poin dan 12 rebound. Kyrie jadi yang paling wangi di antara ketiganya dengan 29 poin hasil dari 11/20 tembakan (55 persen). 

Harden mengambil peran sebagai fasilitator dan hanya menyumbang 21 poin, 9 rebound, 8 asis, plus 4 steal. Satu-satunya pemain di luar trio ini yang menyentuh dua digit poin untuk Nets adalah Joe Harris dengan 10 poin. Nets memulai gim dengan Blake Griffin melengkapi empat nama di atas. Seiring berjalannya waktu, Nets kembali ke Jeff Green untuk membuat Celtics kesulitan melakukan pertahanan.

Penampilan gemilang ditunjukkan oleh Robert Williams untuk Celtics dengan 11 poin, 9 rebound, dan 9 blok. Catatan blok tersebut jadi yang tertinggi dalam sejarah satu gim playoff Celtics. Jayson Tatum masih jadi top skor tim dengan 22 poin dan 5 asis. Marcus Smart menambahkan 17 poin plus 5 asis. Kemba Walker membukukan 15 poin sementara Evan Fournier 10 poin.

Nets unggul (1-0) dan akan memainkan gim kedua tiga hari lagi, masih di Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar