IBL

Absennya LeBron James karena cedera yang kambuh membuat penggemar Los Angeles Lakers khawatir. Karena kali ini tidak diketahui seberapa parah cedera tersebut dan sampai kapan LeBron akan beristirahat. Namun di tengah kekhawatiran tersebut, ada sebuah fakta menarik. Terutama yang berkaitan dengan trio barunya, yaitu LeBron, Anthony Davis dan Andre Drummond.

Drummond diambil dari Cleveland Cavaliers dengan tujuan menambal lubang yang ditinggalkan Anthony Davis, ketika absen karena cedera betis. Setelah menunggul lebih dari satu bulan, akhirnya Drummond bisa tampil bersama LeBron James. Itu terjadi lantara LeBron juga menyusul tumbang pada bulan Maret, karena cedera pergelangan kaki kanan.

Beberapa hari jelang kembalinya LeBron ke tim Lakers, Drummond menyebut bahwa perasaannya campur aduk, antara senang dan takut akan mengacaukan permainan. Sebab, Drummond melihat LeBron sebagai sosok yang berwibawa di lapangan. Kekaguman Drummond dengan LeBron bisa membuatnya lupa dengan pertandingan.

Baca juga: Perasaan Andre Dummond Campur Aduk Jelang Kembalinya LeBron James

Tetapi setelah bermain dalam dua laga, melawan Sacramento Kings dan Toronto Raptors, kekhawatiran tersebut tidak terbukti. Justru sekarang, Drummond menjadi bagian dari trio baru Lakers. Mereka membuat catatan yang mengagumkan dalam dua pertandingan, sebelum cedera LeBron kambuh.

Dalam video wawancara yang diunggah di akun Youtube Los Angeles Lakers, Drummond mengungkapkan bahwa dirinya sudah bisa beradaptasi dengan permainan Lakers, khususnya ketika ada LeBron James. Dia merasa bahwa semua orang di lapangan memberi perhatian padanya, sehingga pergerakan pemain lain tersamarkan. Justru dari situ, Drummond bisa mengambil keuntungan.

"Ketika saya bermain dengan LeBron, saya melihat sebuah perbedaan besar. Itu gila. Karena seluruh pemain di lapangan, terutama lawan, tertuju padanya. Dari situ, kami bisa membuat situasi lebih menakutkan bagi lawan," ucap Drummond.

Harusnya di momen-momen jelang akhir musim reguler seperti ini, trio Lakers, Lebron, Davis, dan Drummond sering dimainkan, agar komunikasi bisa berjalan dengan baik. Karena ada sebuah catatan yang mengejutkan dari dua pertandingan saat ketiganya bermain. Alih-alih membuat catatan yang fantastis, malah ketika trio baru ini tampil offense rating Lakers jadi turun di 96,8 dari 62 posession. Data ini diambil dari dua pertandingan, melawan Kings dan Raptors, yang semuanya berakhir dengan kekalahan. Bahkan dari segi akurasi tembakan (field goals), justru ada di kisaran 46,2 persen, saat ketiganya bermain. Ironisnya, saat LeBron James absen, dan di lapangan hanya menyisakan Davis dan Drummond, Lakers menang melawan Denver Nuggets.

Dari data-data yang disajikan ini, maka kepala pelatih Frank Vogel dituntut untuk menemukan ramuan strategi yang pas, agar ketiga pemain All-Star itu bisa dimainkan bersama. Sebab, mereka bisa membuat Lakers lebih kuat di babak playoff nanti. (tor)

Foto: TWC News

Komentar