IBL

Seharusnya para penggemar Los Angeles Lakers berpesta. Karena LeBron James sudah kembali bermain setelah absen 20 pertandingan karena cedera pergelangan kaki kanan. Tetapi sinar "Sang Raja" diredupkan oleh Tyrese Haliburton. Ruki Sacramento Kings itu tampil istimewa untuk membawa timnya mengalahkan Lakers dengan skor 110-106 di Staples Center, Jumat malam, waktu setempat.

LeBron James mencetak 16 poin, 8 rebound, 7 asis, 2 steal, dan 1 blok. Dia bermain selama 32 menit di lapangan dan memasukkan 6 tembakan dari 12 percobaan. Anthony Davis menyumbang 22 poin dan 11 rebound, sedangkan Andre Drummond menambahkan 17 poin dan 7 rebound. Ben McLemore dari bangku cadangan mencetak 12 poin.

Tyrese Haliburton mencetak 23 poin dan 10 asis untuk Kings. Pemain yang didapuk menggantikan De'Aaron Fox yang sedang menjalani karantina tersebut tampil luar biasa dalam empat pertandingan terakhir. Dia selalu menghasilkan 13+ poin dan 8+ asis setiap pertandingan. Peran Haliburton terlihat di kuarter keempat saat dirinya membuat beberapa tembakan dan asis penting untuk Kings.

Richaun Holmes mencetak 23 poin, disusul Terence Davis (15 poin). Kings mendapatkan bantuan dari Marvin Bagley III yang tampil perdana sejak 15 Maret karena cedera. Bagley mencetak 11 poin, setelah absen 22 pertandingan. Kings berhasil mengatasi dinginnya tembakan tripoin dari Buddy Hield. Dia hanya mencetak dua poin dalam 32 menit di lapangan.

Kings sempat unggul 15 poin sebelum kuarter pertama ditutup. Tetapi mereka mengalami penurunan di kuarter dua dan tiga. Lakers melaju 6-5 di awal kuarter keempat untuk memberi mereka keunggulan 11 poin (94-83). Namun setelah itu giliran Kings yang bangkit.

Three point play Richaun Holmes di sisa lima menit, membuat Kings berbalik unttul 97-96. Mereka tidak membuang momentum ini. Di sisa tiga menit, Haliburton mengirim dua asis berturut-turut. Satu asis diselesaikan oleh Terence Davis dengan tembakan tripoin, kemudian satu asis dikirimkan untuk Holmes. Kings memimpin 106-104.

Dalam keadaan tertinggal, Lakers mau tidak mau memaksa LeBron James untuk mengambil alih serangan, meski baru kembali dari cedera. James memang memasukkan tripoin dan layup di sisa satu menit. Tetapi James gagal mengeksekusi tembakan tripoin terakhir. Sementara Kings menutup laga dengan tembakan gratis dari Haliburton.

Lakers mencetak rekor 8-12 dalam 20 pertandingan terakhir. Dengan sisa pertandingan musim reguler, mereka berusaha untuk mempertahankan peringkat kelima di klasemen Wilayah Barat. Selanjutnya, Lakers akan berhadapan dengan Toronto Raptors, hari Minggu malam. Sedangkan Kings akan bertandang ke markas Dallas Mavericks. (tor)

Foto: sactownroyalty.com

 

Komentar