IBL

Kiefer Ravena adalah salah pemain basket paling mencuri perhatian dari Filipina. Dia pernah bermain untuk Texas Legends di NBA G-League sebelum NLEX Road Warriors memilihnya dalam draft Asosiasi Bola Basket Filipina (PBA). Berkat prestasi dan tujuan besarnya, Ravena kini direkrut menjadi duta Jordan Brand.

Dalam situs resmi merek tersebut, Ravena menceritakan latar belakang basket di Filipina serta perasaannya setelah mendapat kepercayaan dari merek ternama tersebut. Menurutnya Filipina adalah negara yang sangat mencintai bola basket. Sejalan dengan hal tersebut toko-toko basket seperti milik Air Jordan juga laris manis diserbu pembeli.

"Di waktu normal, lapangan di setiap jalan penuh dengan orang-orang yang bermain, termasuk anak-anak sepulang sekolah. Mereka akan menghabiskan waktu istirahat mereka dengan bermain bola basket. Benar-benar terasa sekali energinya. Setiap kali seseorang memakai seragam timnas, mereka merasa nasionalisme timbul. Saat pertandingan ditayangkan langsung di TV, semua orang berhenti untuk menyaksikannya. Begitulah Filipina dengan bola basketnya," cerita Ravena.

 

"Ketika Jordan Brand membuka toko di Manila, energinya benar-benar gila. Orang Filipina selalu menyukai Air Jordan. Setiap kali saya pergi ke toko, orang mengantre untuk berbelanja."

Berbicara soal produk Jordan Brand favoritnya, Ravena langsung menyebut Air Jordan XI. Dia menceritakan saat masih bersekolah, Ravena menyisihkan uang saku dan menabung untuk membeli Air Jordan XI "Space Jam". Setiap kali ada rilisan AJ XI, Ravena selalu datang ke toko untuk membelinya.

Tetapi untuk bergaya casual, Ravena memilih Air Jordan I Low. Dia punya empat atau lima pasang sepatu ini. Karena memang tidak terlalu suka potongan yang tinggi untuk sepatu bersantai. Dan, untuk bermain basket, Ravena memilih tipe-tipe terbaru dari Jordan Brand.

"Ketika saya bermain basket, akhir-akhir ini saya memakai Air Jordan XXXV, karena sangat bagus dan nyaman. Saya juga telah memakai Jordan Why Not? Zer0.4 (Russell Westbrook). Saya suka low-cut dan traksinya juga bagus. Saya memang suka berganti-ganti sepatu, namun tidak pernah berpaling dari merek Jordan," jelasnya.

(Sumber foto: air.jordan.com)

Ada satu sepatu Jordan yang disimpan Ravena dan jarang sekali dipakai. Sepatu tersebut adalah Air Jordan IV "Manila". Sepatu tersebut hanya dibuat 150 pasang saja. Setelah memakainya selama pembukaan toko di Manila, Ravena menyimpannya dalam kontak akrilik. Dia hanya memakainya untuk acara tertentu saja, karena sangat istimewa. Kini dirinya jadi bagian dari keluarga besar Jordan Brand.

"Saya seperti disambut dengan tangan terbuka. Sebenarnya saya masih tidak percaya. Saya ingat pernah berbicara dengan pihak Jordan beberapa tahun lalu. Berita gembira ini sudah didengar oleh orang-orang terdekat saya. Sungguh luar biasa menjadi bagian dari merek yang luar biasa ini," ujarnya. "Selain Michael Jordan, menurut saya Chris Paul dan Carmelo Anthony, jadi idola saya. Melo adalah salah satu alasan mengapa saya nomor 15 saat ini."

Kiefer dan Thirdy Ravena adalah kakak-adik yang masuk timnas Filipina. Mereka berdua masuk dalam tim yang akan diberangkatkan ke Piala Asia FIBA 2021 di Jakarta. Mereka juga berpeluang tampil di Piala Dunia Bola Basket FIBA pada tahun 2023 mendatang. (tor)

Foto: air.jordan.com

 

Komentar