IBL

Air Jordan 2 x Titan22 resmi dirilis pada bulan Oktober 2022. Sneaker ini termasuk dalam produk kolaborasi Jordan Brand yang harganya di bawah 4 juta rupiah. Tapi tahukah Anda, kalau sepatu tersebut dirancang oleh desainer muda asal Filipina bernama Alyssa Gibbs, atau yang dikenal dengan nama Chi. Pada hari Sabtu, 21 Januari 2023, Chi menghadiahkan sepasang sepatu rancangannya kepada perempuan yang jadi sumber inspirasinya. Perempuan tersebut adalah Leni Robredo, mantan wakil presiden Filipina. 

Menurut Vogue, Chi merupakan perempuan Asia pertama yang berkolaborasi dengan Jordan Brand. Chi sekarang tinggal di Singapura, sehingga sepatu tersebut diserahkan kepada Leno Robredo yang berada di Filipina oleh ayahnya, Janno Gibbs. 

"Dari seorang wanita yang menginspirasi merek global, kepada seorang wanita yang menginspirasi sebuah bangsa. Senang bertemu denganmu lagi (Leni Robredo)," tulis Janno Gibbs, dalam unggahan di akun Instagram-nya. 

Dikutip dari PhilStar.com, Chi mengungkapkan bahwa dia meminta ayahnya memberikan sepasang AJ2 Titan kepada Robredo. Sebab mantan wakil presiden itu adalah inspirasi baginya. "Dia telah dan (selalu) menjadi inspirasi besar bagi saya. Jadi pantas untuk mendapatkan sepasang sepatu yang sangat erat kaitannya dengan budaya basket di Filipina ini," jelasnya. 

Menurut Chi, inspirasi desain sepatu ini melambangkan orang Filipina dan kecintaan mereka terhadap bola basket. Salah satu simbol yang melambangkan hal tersebt adalah pohon palem. Chi juga mengatakan bahwa desainnya merupakan penghargaan untuk kakeknya, Carlos "Colay" Matute Loyzaga yang pernah mewakili Filipina di ajang FIBA World Championship pada tahun 1954. 

"Secara umum, ini adalah simbol bola basket Filipina. Elemen penting dan tersembunyi dalam sepatu ini adalah untuk menghormati budaya basket di Filipina. Sementara warnanya, saya ingin menunjukkan suasana tropis," jelas Chi. 

Sementara itu, menurut Sportskeeda.com, Jordan 2 Titan masuk dalam daftar seri Air Jordan Retro yang harganya di bawah 300 dolar Amerika. Sepatu ini diproduksi Jordan Brand yang bekerja sama dengan Titan 22, menggunakan siluet Air Jordan 2 Low. Komponen dalam sepatunya diganti, mulai dari suede abu-abu premium, kulit tumbled putih, dan korduroi hijau cerah. Trim di sekitarnya bagian tumit TPU menyempurnakan sepatu tersebut. 

Foto: sneakernews.com

Aksennya juga mulai bergeser ke warna biru dan oranye yang lebih cerah. Warna ini digunakan pada lubang tali dan bagian belakang lidah, sedangkan warna terakhir digunakan pada lapisan, logo Wings, dan bintik midsole. Sepatu tersebut dijual seharga 200 dolar Amerika di toko retail tertentu. Atau, kalau ditaksir dengan rupiah, seharga 3 juta rupiah. (*)

Foto: hypebeast 

Komentar