IBL

Badai cedera menjadi salah satu perbincangan utama di NBA. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, badai cedera NBA kali ini ditengari terjadi karena jadwal yang cukup padat. Pada dasarnya, NBA berupaya membuat musim 2020 – 2021 yang mayoritas digelar tanpa penonton tetap menarik untuk dilihat. Namun, yang terjadi justru NBA seolah membuat blunder dan menyebabkan banyak pemain cedera.

Cukup banyaknya pemain cedera, bahkan yang melibatkan nama-nama besar, daftar ini bisa dibuat susunan timnya sendiri. Salah satu laman daring yang memberikan data statistik, Statmuse, baru saja merilis All-NBA Injury Team. Catatan ini berisikan pemain-pemain yang absen dalam waktu cukup lama. Meski tak disebutkan secara langsung apa standar mereka, catatan menyebutkan tidak ada satupun pemain yang bermain melewati 50 gim.

Dari daftar tersebut, kami coba olah lagi dengan mencari pemain yang juga memenuhi kriteria bahkan dengan jumlah gim yang lebih sedikit. Siapa saja mereka?

First Team

James Harden, LeBron James, Kevin Durant, Anthony Davis, Joel Embiid. Di daftar ini, LeBron adalah pemain dengan jumlah gim terbanyak. Ia total bermain 41 gim sebelum mengalami cedera engkel saat berhadapan dengan Atalanta Hawks. Embiid yang bersaing dengan Nikola Jokic untuk gelar MVP menariknya hanya bermain 38 gim. Embiid absen dengan beragam alasan, mulai cedera atau sekadar diistirahatkan oleh Doc Rivers.

Mayoritas waktu absen Harden terjadi di awal musim dan seminggu terakhir. Harden sempat mogok main saat masih berseragam Houston Rockets. Sedangkan di seminggu terakhir, ia absen karena masalah hamstring. Dua nama terakhir bahkan bermain tak sampai 25 gim. Davis hanya bermain 23 gim sedangkan Durant bermain 24 kali. Keduanya bermasalah di area achilles.

Second Team

Susunan awal dari Statmuse adalah Jamal Murray, C.J. McCollum, Donovan Mitchell, Gordon Hayward, dan Karl-Anthony Towns. Namun, kami mengubah beberapa urutan supaya tim ini lebih solid. Hasilnya, Murray, CJ, Victor Oladipo, Christian Wood, dan KAT. Murray adalah pemain dengan jumlah gim terbanyak di daftar keseluruhan dengan 48 gim. Namun, fakta ia mengalami cedera ACL membuatnya tidak akan bermain di sisa musim.

CJ absen di pertengahan Januari karena cedera telapak kaki. Ia kemudian absen nyaris sepanjang bulan Februari. Di bulan itu, ia hanya bermain dua gim. Total CJ bermain baru 31 gim. Oladipo pun kurang lebih demikian. Meski tercatat membela tiga tim musim ini, Oladipo baru bermain 33 gim. Ia sempat cedera betis lalu juga bermasalah di lutut.

(Baca juga: Dilanda Badai Cedera, Jadwal Pertandingan NBA Menjadi Sorotan)

Duet Wood dan KAT akan menjadi sangat solid seandainya bisa sehat sepanjang musim. Wood mengalami cedera engkel cukup parah dan baru bermain 34 kali. KAT bermain dua gim lebih banyak. Ia absen karena masalah pergelangan tangan dan juga alasan personal. KAT kehilangan ibunya tahun lalu karena terkena virus korona.

Third Team

Daftar asli Statmuse untuk Third Team adalah LaMelo Ball, D’Angelo Russell, John Wall, Spencer Dinwiddie, dan Christian Wood. Kami menemukan opsi lain dengan susunan Wall, Dinwiddie, D’Lo, Gordon Hayward, dan Thomas Byrant. Wall baru bermain 37 gim musim ini. Masalah utama Wall musim ini adalah cedera lutut.

Dinwiddie hanya bermain tiga kali musim ini. Ia adalah pemain dengan jumlah gim paling sedikit di daftar. Dinwiddie mengalami cedera ACL. Namun, laporan terbaru menyebutkan ada kemungkinan Dinwiddie bermain di playoff. D’Lo absen panjang di pertengahan Februari karena menjalani operasi perbaikan di lutut. D’Lo kini sudah kembali bermain dan jika tidak ada cedera lagi, ia bisa bermain sampai akhir musim.

Cedera dan Hayward bukanlah hal baru. Terbaru, pada awal April lalu, Hayward cedera kaki kanan yang mengharuskannya absen setidaknya empat minggu. Sebelumnya, ada cedera-cedera minor sepanjang musim yang membuatnya baru main 44 gim. Bryant juga mengalami cedera ACL di gim ke-10 bersama Washington Wizards. Bryant adalah opsi yang baik untuk pick n roll.

Ini sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang nyata. Namun, bisa dibilang ini adalah sebuah sindiran untuk NBA sendiri. Di balik kewajiban untuk memenuhi keuntungan demi kesejahteraan keluarga besar NBA ada keselamatan pemain yang juga terancam. Apalagi cedera akut seperti ACL hingga lain-lain, maka masa depan pemain sendiri yang dalam bahaya. Semoga, NBA bisa menemukan cara lebih baik untuk melindungi pemain-pemainnya di masa mendatang. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar