IBL

Musim pertama Steve Nash menjadi kepala pelatih bisa dibilang berjalan cukup baik. Apalagi jika kita berbicara berdasarkan prestasi. Brooklyn Nets masih duduk di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor (38-19). Satu-satunya tim yang lebih baik dari mereka adalah Philadelphia 76ers yang ditangani oleh Doc Rivers, pelatih kawakan.

Nash juga layak mendapat apresiasi khusus karena rekor apik tersebut ia raih dengan skuat yang bisa dibilang compang-camping. Memang, Nets memiliki trio Kevin Durant, Kyrie Irving, dan James Harden. Mereka juga berhasil mendatangkan Blake Griffin hingga LaMarcus Aldridge (yang pensiun di tengah jalan). Namun, Nets hampir tak pernah mampu menurunkan semua bintang mereka di satu gim yang sama.

Trio Durant, Irving, Harden yang sudah terbentuk sejak gim kedelapan musim ini bermain bersama tak sampai 10 gim. Griffin pun total baru bermain 10 kali dan dengan menit yang masih terbatas. Atas sebab itu, apa yang diraih Nets selama ini pantas disebut sebagai pencapaian yang cukup apik. Melebihi ekspektasi banyak pihak yang menilai barisan pendukung Nets tak akan mampu bertahan tanpa bintang-bintang mereka.

Menariknya, Nash tak ingin hanya dirinya yang mendapat apresiasi atas pencapaian ini. Kepada ESPN, Nash memberi kredit khusus dan besar untuk seorang  Joe Harris. Harris adalah satu-satunya pemain Nets yang tidak pernah absen di musim ini. Lebih hebat lagi, Harris adalah pemain dengan masa bakti terlama di Nets. Ia sudah bermain sejak 2016.

(Baca juga: Alasan Kesehatan, LaMarcus Aldrige Pensiun)

“Harris terlalu dapat diandalkan,” buka Nash. “Saya berharap ia bisa absen di beberapa gim tahun ini. Saya rasa tidak baik untuknya bermain terlalu banyak. Apalagi, ia juga bermain dengan sangat keras. Harris adalah sosok petarung sejati yang ingin betarung setiap gim. Saat saya berusaha mengistirahatkannya, ia sama sekali tak tertarik ke sana,” pungkasnya.

Harris adalah top skor keempat Nets, tepat di belakang trio utama mereka. Jika Griffin masuk ke barisan utama, rasanya Harris akan semakin berbahaya. Sejauh ini, lawan saja sudah cukup sulit menentukan prioritas penjagaan mereka saat Harden dan Irving di lapangan. Apalagi saat Durant dan Griffin bergabung. Hal ini membuat Harris kini memiliki akurasi tripoin di angka 48 persen dari 6,5 percobaan per gim. Itu adalah akurasi terbaik sepanjang karier Harris dengan jumlah percobaan terbanyaknya juga. Harris berpeluang jadi pemain pertama di sejarah NBA yang mampu menorehkan catatan tersebut. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar