IBL

Sebuah perusahaan sepatu kecil dari Brooklyn bernama MSCHF digugat oleh Nike. Masalahnya, perusahaan tersebut telah membuat sepatu yang diberi nama "Satan Shoes" atau "Sepatu Setan". Sepatu ini menggunakan siluet Nike Air Max 97 sebagai bahan bakunya, dengan diberi darah manusia di dalamnya.

"Sepatu Setan " tersebut sengaja dibuat dengan berbagai pernak-pernik yang berbau mistis. Mulai dari warnanya, dipilih hitam dan merah. Kemudian ada ornamen pentagram di bagian lidah sepatu, serta dibuat dengan edisi terbatas, hanya 666 pasang. Setiap pasangnya punya penanda khusus, seperti 1/666 dan seterusnya. Kemudian di bagian depan tertulis Luke 10:18, yang merupakan sebuah petikan ayat dari Alkitab yang berbunyi "I Saw Satan Fall Like Lightning From Heaven".

(Sumber foto: hypebeast)

Sepatu tersebut merupakan hasil kolaborasi MSCHF dengan rapper Lil Nas X. Namun dari semua pernak-pernik mistis yang menghiasi sepatu tersebut ada bagian yang paling menarik perhatian. Di dalam gelembung udara sepatu Nike Air Max 97 tersebut diisi tinta merah, dan setetes darah manusia asli. Faktanya memang ada darah yang dimasukkan, dan diambil dari karyawan MSCHF sendiri.

"Mereka dikorbankan, itu istilah kerennya. Hanya karyawan kami saja yang diambil darahnya. Bukan oleh profesional medis, melainkan kami sendiri yang melakukannya," kata pendiri MSCHF, Deniel Greenberg, dikutip dari The New York Times.

"Sebenarnya tidak banyak darah. Hanya enam orang dari karyawan kami yang merelakan darahnya diambil. Hanya satu tetes saja setiap sepatu."

"Sepatu Setan" tersebut dijual seharga AS$ 1.018 per pasang. Sebenarnya, prestasi tersebut sama dengan pendahulunya, yaitu "Sepatu Jesus". MSCHF pernah membuat sepatu yang sama dengan mengisi gelembung udara dengan "air suci". Sepatu tersebut menjadi sangat langka dan mahal setelah dipakai oleh pesohor dunia seperti Drake, Bad Bunny, hingga LeBron James. Kini, perusahaan tersebut membuat proyek yang sama.

(Sumber foto: Reddit)

Tetapi malang bagi perusahaan tersebut, mereka justru digugat oleh Nike setelah peluncuran. Dalam sebuah pernyataan, Nike menuliskan bahwa mereka tidak memiliki hubungan dengan MSCHF atau Little Nas X. Nike juga menegaska bahwa mereka sama sekali tidak merancang atau mengeluarkan produk tersebut. Kemudian pada Senin, waktu setempat, Nike menggugat MSCHF di Pengadilan Distrik Amerika Serikat. Menurut mereka, MCCHF sudah mencemarkan produk mereka dan menimbulkan kebingungan di pasar.

Nike juga menggungat MSCHF karena menggunakan logo "swoosh" dalam "Sepatu Setan". Nike meminta pengadilan segera menghentikan operasional perusahaan tersebut.

Latar belakang pembuatan sepatu ini ada hubungannya dengan Lil Nas X yang sedang mempromosikan lagu terbarunya berjudul "Montero (Call Me By Your Name)". Dalam video musik tersebut Lil Nas X tampak bersanding dengan setan. (tor)

Foto: Hypebeast

Komentar