IBL

Nike memenangkan gugatan atas MSCHF, perusahaan kecil yang membuat "Sepatu Setan" dan "Sepatu Yesus". Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah penarikan kembali semua produk yang sudah dijual. Pembeli akan menerima pengembalian dana penuh, setelah mereka menyerahkan sepatu tersebut.

Baca juga: Nike Gugat MSCHF yang Membuat "Sepatu Setan"

Seperti ditulis Sphie Caraan dari hypebeast, pihak MSCHF senang bahwa masalah ini bisa diselesaikan dengan cara yang baik. Sementara, mereka tidak harus menjalani proses hukum yang berlarut-larut untuk kasus kolaborasi ini.

Sebelumnya Nike menggungat MSCHF atas keluarnya "Sepatu Setan" minggu lalu. Nike melancarkan gugatan karena mereka menggunakan siluet Air Max 97 untuk sepatu kolaborasi dengan penyanyi rap Lil Nas X tersebut. Nike menggugat bahwa MSCHF melakukan modifikasi secara tidak resmi. Apa yang dilakukan MSCHF dengan memasukkan tinta merah, jahitan khusus, ikon pentagram, dan diduga memasukkan setetes darah bisa membuat reputasi Nike buruk. Pembeli bisa beranggapan bahwa Nike mendukung satanisme.

Meski kalah dalam gugatan tersebut, namun seorang pengacara MSCHF dalam wawancara dengan The Verge mengungkapkan sebuah fakta menarik.

"Dengan 'Sepatu Setan' yang terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit, MSCHF ingin menunjukkan bahwa proyek kolaborasi yang absurd seperti ini bisa diterima publik. Perusahaan kecil dari Brooklyn ini mau menunjukkan bahwa merek-merek besar juga melakukan hal yang sama. Tetapi mereka tidak pernah mendapatkan kritik," kata pengacara tersebut, dikutip dari The Verge.

Nike telah meminta MSCHF melakukan penarikan secara sukarela dua produk mereka. Pembeli "Sepatu Setan" dan "Sepatu Yesus" bisa menerima pengembalian dana penuh. Tetapi bila mereka mengalami masalah dengan cacat produk dan lain sebagainya, Nike tidak bertanggung jawab. Semua diserahkan pada MSCHF. (tor)

Foto: BBC

Komentar