IBL

Sejak awal musim ini, Los Angeles Clippers terus dikaitkan dengan isu mencari sosok garda utama (point guard) untuk skuat mereka. Berkaca pada kegagalan di playoff musim lalu, Clippers dirasa belum memiliki sosok yang tepat, secara karakter bermain dan pengalaman untuk membawa Clippers bersaing memperebutkan gelar juara. 

Pencarian tersebut akhirnya menemui akhir pada batas akhir pertukaran pemain ini. Dilansir ESPN, Clippers menemukan kata sepakat dengan Atlanta Hawks untuk mendapatkan Rajon Rondo dengan ganti Lou Williams. Tak berhenti di situ, Clippers juga mengirim dua hak memilih putaran kedua untuk masa mendatang kepada Hawks. 

Kesepakatan ini sendiri bisa dibilang terjadi mengejutkan. Tak sedikitpun Rondo dikaitkan dengan Clippers dalam seminggu terakhir. Jangankan Clippers, Rondo bahkan tak masuk perbincangan pemain yang akan berpindah tim mengingat Hawks sedang dalam tren positif sejak berganti kepala pelatih. Namun, Clippers membuat sebuah pergerakan yang dirasa perlu demi merengkuh prestasi yang lebih baik, atau bahkan mungkin terbaik sepanjang sejarah organisasi. 

Pun demikian, tugas besar harus diemban Rondo dan staf pelatih Clippers. Pasalnya, Rondo sendiri musim ini tidak dalam performa terbaiknya. Cedera yang terus mendera, utamanya di awal musim membuatnya kehilangan banyak gim. Rondo baru bermain 27 kali dengan hanya sekitar 15 menit turun per laga. Waktu yang sangat singkat tersebut ia konversikan dengan 3,9 poin dan 3,5 asis per gim. Meski tak harus memperbaiki performanya secepat mungkin, Clippers tentunya berharap tuah "Playoff Rondo" akan menular ke mereka musim ini.

Seperti diketahui bersama, musim lalu Rondo berhasil meraih cincin juaranya yang kedua sepanjang karier. Ia meraihnya bersama Los Angeles Lakers. Di musim reguler, Rondo tak terlalu terlihat bersemangat, namun begitu playoff dimulai, ia seolah menjadi pribadi yang berbeda. Ia seolah menjadi jenderal lapangan Lakers saat LeBron James mengambil jatah istirahatnya. 

Bersama Clippers, kemungkinan peran Rondo akan berubah. Bintang utama Clippers, Kahwi Leonard dan Paul George bukanlah sosok fasilitator. Mereka adalah pencetak angka dan pemain bertahan yang apik. Hal ini membuka kemungkinan Rondo akan langsung mengisi posisi starter, menggeser Reggie Jackson. Jackson sendiri masih akan tetap mendapatkan peran besar karena kepergian Lou Williams. Bersama Luke Kennard, keduanya akan memimpin barisan cadangan Clippers.

Menariknya, bagi Lou sendiri, ini bukan kali pertama ia menggunakan seragam Hawks. Pada kurun 2012-2014, Lou sempat berseragam Hawks. Meski tak menjadi bagian dari kejayaan Hawks yang meraih 60 kemenangan, Lou tetap memberi kesan baik selama di sana.

Lou sendiri meninggalkan Clippers dengan rataan 19 poin per gim dan dua gelar pemain cadangan terbaik (Sixthman of the Year). Lou bisa jadi bantuan yang juga cukup baik untuk Hawks dalam upaya melaju ke playoff. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar