IBL

Orlando Magic sudah memantapkan pilihan mereka untuk masa mendatang. Seiring dengan batas akhir pertukaran pemain, Magic akhirnya secara resmi menandai pembangunan ulang skuat (rebuild) mereka dengan merombak susunan utama mereka.

Tiga pemain langganan starter Magic resmi berpindah tim. Mereka adalah Nikola Vucevic, Evan Fournier, dan Aaron Gordon. Sebagai tambahan, Al-Farouq Aminu dan Gary Clark juga masuk dalam paket pertukaran. Seluruh kesepakatan ini dilaporkan oleh ESPN. 

Bersama Aminu, Vucevic pindah ke Chicago Bulls. Untuk ganti keduanya, Bulls mengirimkan Otto Porter Jr., Wendell Carter Jr., dan dua hak memilih putaran pertama (2021, 2023). Ini adalah kali kedua Vucevic berpindah tim. Vucevic dipilih oleh Philadelphia 76ers di NBA Draft 2011 sebagai urutan ke-16. Kejadian NBA Lockout membuat Vucevic hanya sempat bermain 51 kali untuk Sixers. Setelahnya, ia masuk bagian pertukaran tiga tim yang membawanya ke Magic. Di sini, karier Vucevic berkembang dari seorang bigman konvensional menjadi salah satu bigman dengan akurasi tembakan jarak jauh terbaik di liga. Vucevic juga tercatat terpilih dua kali sebagai All Star. 

Fournier menyusul tak lama berselang. Serupa dengan Vucevic dan Aminu, Evan Fournier ditukar ke tim Wilayah Timur, Boston Celtics. Menariknya, "harga" yang harus ditebus Celtics bisa dibilang cukup murah. Mereka hanya melepas dua hak memilih putaran kedua. Meski Fournier tak pernah menyentuh level All Star, catatannya di dua musim ke belakang cukup baik. Musim ini, terganggu cedera, dalam 26 gim yang ia mainkan, Fournier mencetak rataan 19,7 poin, 3,7 asis, dan 1,0 steal per gim. Akurssi tripoin pemain asal Prancis ini tajam di angka 39 persen dari 7,2 percobaan per gim. Secara keseluruhan efektivitas tembakan, Fournier menorehkan 56 persen, catatan yang di atas rata-rata liga. 

Terakhir, Magic melepas Aaron Gordon dan Gary Clark ke Denver Nuggets. Sebagai gantinya, Nuggets mengirim pemain dengan masa bakti terlama mereka, Gary Harris dan ruki, R.J. Hampton, plus satu hak memilih putaran pertama. Gordon dan Clark adalah sebuah tambahan yang cukup solid untuk area sayap Nuggets. Gordon cukup komplet sebagai pemain meski secara statistik belum bisa dibilang istimewa dan cenderung tidak konsisten. Clark sendiri adalah pemain sayap kaliber medioker namun bisa jadi opsi untuk barisan cadangan. Hadirnya Gordon membuat perkiraan susunan pemain utama Nuggets cukup mengerikan. Jamal Murray, Will Barton, Michael Porter Jr., dan Nikola Jokic akan menjadi tandemnya nanti. Nuggets akan berupaya mencari posisi terbaik untuk berlaga di playoff dengan pergerakan ini. 

Bergeser ke sisi Magic, segala transaksi ini membuat mereka akan menjadi tim yang menarik ditunggu perkembangannya 2-3 tahun ke depan. Masih adanya nama Markelle Fultz, Jonathan Isaac, Chuma Okeke, Mo Bamba, serta Cole Anthony akan membuat tim ini menarik. Plus hak-hak memilih tambahan, yang bila digunakan dengan bijak bisa mengubah Magic menjadi salah satu tim dengan komposisi pemain muda paling menarik, setidaknya dimulai dari musim depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar