IBL

Minggu, 21 Maret 2021, West Bandits Solo datang ke pertandingan Seri 2 IBL 2021 menghadapi Bima Perkasa dengan modal buruk. Lima gim ke belakang, mereka lalui dengan kekalahan. Kejadian serupa tampak akan terjadi lagi setelah di awal laga, Bima Perkasa dominan memimpin laga. Bima Perkasa bahkan sempat membuka keunggulan jadi tujuh poin. Namun, West Bandits langsung meresponnya dengan baik. Menutup kuarter pertama dengan keunggulan 15 poin, West Bandits terus dalam posisi unggul di sisa laga dan menang dengan skor akhir 86-71.

Jika di beberapa kekalahan sebelumnya West Bandits kerap unggul lebih dulu dan lantas menutup gim dengan kekalahan, hari ini mereka tampil konsisten untuk menjaga keunggulan. Konsistensi West Bandits hari ini juga tak lepas dari akurasi yang baik, turnover yang terbatas, dan penguasaan atas offensive rebound. West Bandits memasukkan 52 persen tembakan mereka hari ini (37-70).

Ruki, Patrick Nikolas tampil brilian. Memulai laga sebagai starter, Patrick mencetak dobel-dobel 19 poin dan 10 rebound selama 30 menit di lapangan. Patrick memasukkan 9/12 tembakan (75 persen). Widyanta Putra Teja masih konsisten menjadi tumpuan West Bandits. Kali ini, ia mencetak 14 poin, 4 rebound, dan 7 asis. Ruki West Bandits lainnya, Habib Tito Aji juga menyentuh dua digit poin dengan 14 poin dan 3 rebound. Andre Adrianno melengkapi daftar dengan 10 poin.

“Masalah utama kami memang konsistensi. Di gim hari ini, pelatih memberi pesan kepada kami untuk konsisten dan terus fokus sepanjang laga, utamanya di dua kuarter akhir. Kami pun ingin membuktikan bahwa kami adalah salah satu tim pesaing yang bisa konsisten, tak hanya bagus di awal laga. Untuk saya pribadi, pesan pelatih adalah rebound dan defense. Saya berupaya sebaik mungkin menjalankan tugas saya,” tutur Patrick usai gim kepada Mainbasket.

Selain akurasi yang buruk, Bima Perkasa juga menghadapi masalah besar seiring badai cedera yang menghantui. Di gim hari ini, Bima Perkasa harus kehilanagn Rachmad Febri Utomo lebih cepat. Ia hanya bermain empat menit di kuarter pertama karena cedera pangkal paha. Azzaryan Pradhitya dan Indra Muhammad jadi top skor Bima Perkasa. Azzaryan mencetak 23 poin dan 6 asis, hasil dari 6/12 tembakan (50 persen) serta 10/12 tembakan gratis (83 persen). Indra menambahkan 19 poin, 6 asis, dan 4 steal dengan akurasi 60 persen (6/10).

Kedua tim akan kembali bermain esok hari. Bima Perkasa menghadapi Indonesia Patriots sedangkan West Bandits jumpa Bali United Basketball. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan

 

Komentar