IBL

Philadelphia Sixers, melalui kepala pelatih Doc Rivers, memberikan keterangan bahwa center asal Kamerun Joel Embiid harus menjalani Magnetic resonance imaging (MRI) setelah mengalami cedera lutut kiri, pada pertandingan Jumat malam, waktu Amerika Serikat. Embiid dikabarkan mengalami hyperextension knee. Pada laga ini, Sixers menang 127-101 atas Washington Wizards, di Philadelphia.

Pelatih Rivers berbicara kepada wartawan setelah timnya meraih kemenangan keempat berturut-turut dan mencetak rekor 26-12. Dia menjelaskan bahwa Embiid menderita hiperekstensi lutut. Indikasinya sendi lutut menekuk ke arah yang salam. Dalam kasus yang parah, bisa jadi penyebab cedera anterior cruciate ligament (ACL), dan posterior cruciate ligament (PCL).

Kronologisnya, Embiid yang sedang panas melakukan slam dunk setelah diberi umpan matang oleh Tobias Harris. Poin tersebut membuat Sixers memimpin 80-60 atas Wizards di kuarter ketiga. Namun nahas, Embiid mendarat dengan lutut kiri sebagai penopang seluruh badannya. Seluruh berat badannya bertumpu pada satu titik, yaitu kaki kiri. Dia mengerah kesakitan dan menjatuhkan diri ke lantai. Setelah beberapa menit mendapatkan perawatan, Embiid bangkit dan menuju ruang ganti dengan kaki pincang. Embiid meninggalkan laga setelah mencetak 23 poin, tujuh rebound, tiga assist dan dua blok dalam 20 menit.

Pelatih Rivers mengatakan bahwa mental Embiid bagus. Dia akan menjalani MRI di Philadelphia. Kebetulan Sixers tidak ada jadwal bertanding pada hari Sabtu, waktu setempat.

Sebenarnya situasi yang sama pernah dialami Embiid bulan lalu. Dia mengalami hiperekstensi lutut kanan, saat berusaha menghalau Enes Kanter dari Portland Trail Blazers. Tapi saat itu dia bisa kembali bermain setelah mendapatkan perawatan di tepi lapangan. Bedanya kali ini, dia harus dipapah ke ruang ganti dan tidak bermain lagi.

Bagi Sixers, kesehatan Embiid sangat penting musim ini. Mereka sedang dalam performa terbaiknya di liga. Sixers sekarang masih bertengger di puncak klasemen Wilayah Timur. Mereka masih berada di atas Brooklyn Nets. Tetapi cedera Embiid bisa saja berpengaruh pada performa Sixers. Oleh sebab itu, Doc Rivers berharap tidak terjadi sesuatu yang mengerikan dari peristiwa hari ini. (tor)

Foto: Citrus County Chronicle

Komentar