IBL

Tidak butuh waktu lama untuk Daryl Morey menemukan pekerjaan baru di NBA. Pascamundur dari jabatan Manajer Umum Houston Rockets beberapa waktu lalu, Morey kini sudah kembali masuk jajaran manajemen tim NBA. Dilansir oleh ESPN, Morey sepakat bergabung dengan Philadelphia 76ers. Adapun jabatan yang akan dipegang Morey adalah Presiden Operasional Sixers. Terpisah, The Athletic menyebutkan bahwa Morey dan Sixers sepakat untuk kontrak berdurasi lima tahun.

Perekrutan Morey bisa dibilang sebagai sebuah bukti ambisi Sixers untuk mengejar gelar juara NBA musim depan. Sebelum Morey, Sixers lebih dulu merekrut mantan pelatih Los Angeles Clippers, Doc Rivers, untuk mengisi posisi kepala pelatih. Duet keduanya akan membawa kombinasi angin segar untuk Sixers yang memang sangat butuh pembaruan setelah di bawah komando Brett Brown dalam tujuh musim terakhir.

(Baca juga: Susul Mike D'Antoni, Daryl Morey Juga Tinggalkan Houston Rockets)

Di sisi lain, kehadiran Morey dipastikan tidak akan mengganggu posisi Elton Brand sebagai Manajer Umum Sixers. Adapun kehadiran Morey diharapkan bisa membantu Brand yang bisa dibilang kalah pengalaman dari Morey yang sudah menangani Rockets dalam 13 musim terakhir. Selain itu, Morey juga diharapkan bisa membawa beberapa pemain bagus merapat ke Sixers demi memperkukuh skuat.

Pun demikian, beberapa pendapat menilai bahwa keputusan ini bisa jadi bumerang untuk Sixers ke depannya. Secara tidak langsung, Sixers kini memiliki “dua kepala” untuk memimpin skuat mereka. Dalam banyak kasus, situasi seperti ini jika tidak dijaga dengan bagus justru bisa menimbulkan perpecahan yang berbuntut kegagalan prestasi.

Selama menangani Rockets, Morey berhasil mengubah tim menjadi salah satu penantang kuat dan konsisten untuk Wilayah Barat. Rockets juga selalu berhasil lolos ke playoff dalam delapan musim terakhir. Ini adalah rekor penampilan playoff beruntun terbanyak NBA sekarang seiring kegagalan San Antonio Spurs lolos ke playoff musim ini.

Morey juga jadi dalang keberhasilan Rockets mendatangkan sederet pemain bintang. Pertama, tentu saja kehadiran James Harden. Setelahnya, deretan nama seperti Dwight Howard, Jeremy Lin, Chris Paul, hingga Russell Westbrook juga berhasil merapat ke Rockets. Kemampuan negosiasi Morey akan menjadi kunci pembangunan skuat Sixers dalam lima tahun ke depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar