IBL

Meski bukan keinginan terbesar Pau Gasol, tapi kembali bermain di FC Barcelona Basquet (FC Barcelona Basketball) setidaknya bisa membuat akhir kariernya indah. Pau kembali ke klub profesional pertamanya dan akan tampil di ACB League dan EuroLeague. Pemain berusia 40 tahun itu menyatakan sangat berat meninggalkan NBA.

Pada awal musim 2020-2021, Pau disebut-sebut akan kembali ke Lakers. Ketika adiknya, Marc Gasol bergabung dengan LeBron James dan kawan-kawan, Pau semakin bersemangat. Tetapi tawaran dari Lakers tak kunjung datang. Tak hanya itu, Pau sebenarnya punya keinginan bermain di Lakers dan membela timnas Spanyol di Olimpiade Tokyo, sebagai penutup kariernya.

Baca Juga: Marc Gasol Bicara Kemungkinan Pau Gasol Kembali ke Lakers

Pau memang menghadapi masa-masa sulit di akhir kariernya. Pada Maret 2019, dia merapat ke Milwaukee Bucks. Tapi hanya tampil tiga pertandingan sebelum serangkaian cedera menyerang seperti pergelangan kaki, dan beberapa masalah dengan kakinya. Pada Juli 2019, Gasol menandatangani kontrak dengan Portland Trail Blazers. Namun tim itu melepasnya tanpa bermain sama sekali.

Gasol termotivasi untuk segera sembuh dari cedera setelah saudaranya bermain di Lakers. Pada 9 Desember 2020, Gasol menyatakan ingin kembali bermain di NBA, dan satu-satunya klub yang ingin dibelanya adalah Lakers. Bila tidak ada tawaran dari Lakers, maka dia enggan kembali.

Baca Juga: Pau Gasol Ingin Kembali ke Lakers, Manajemen Belum Merespons

Justru sampai jelang jeda kompetisi, Lakers tak kunjung memberi tawaran. Malah, tawaran bermain datang dari klub lamanya, FC Barcelona. Akhirnya, Pau memutuskan untuk pulang ke Spanyol dan bergabung dengan FC Barcelona di ACB League dan EuroLeague.

Barcelona sebenarnya klub pertama Pau Gasol ketika menginjakkan kaki ke ranah profesional pada tahun 1998. Dia membela klub tersebut sampai tahun 2001, dan pindah ke NBA. Bersama Barcelona, Pau pernah dua kali juara Spanish League, Spanish King's Cup. Pau juga terpilih sebagai All-EuroLeague Second Team, Spanish King's Cup MVP, dan Spanish League Finals MVP.

"Saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa kini saya pulang ke rumah, dan saya akan segera bergabung dengan Barca Basketball Team. Saya akan mengerahkan kemampuan dan pengalaman saya untuk menjadi pemain kunci musim ini. Saya gembira kembali ke klub di mana saya memulai semuanya. Saya berterima kasih kepada semua staf di tim Barca yang sudah membuat ini terwujud," kata Pau dalam peryataan tertulis yang diunggah di akun twitter pribadinya.

Pau memang belum berniat pensiun. Tetapi sangat sulit untuk mendapatkan apa yang diinginkannya sebelum pensiun, yaitu bermain di Lakers dan Olimpiade Tokyo. Pau termasuk salah satu pemain legendaris di NBA. Dia pernah membela Memphis Grizzlies, Los Angeles Lakers, San Antonio Spurs, dan Milwaukee Bucks. Dia pernah dua kali juara NBA bersama Lakers dan rekan terbaiknya, Kobe Bryant. (tor)

Foto: EuroHoops

Komentar