IBL

Los Angeles Lakers mengabadikan nomor jersei 16 untuk menghormati Pau Gasol. Upacara penghormatan dilakukan pada hari Rabu (8/3) waktu Indonesia, saat jeda pertandingan Lakers melawan Memphis Grizllies. Juara NBA dua kali itu menahan air mata saat jersei-nya dinaikkan ke langit-langit Crypto.com Arena.

Ketika Pau Gasol bergabung dengan Los Angeles Lakers lebih dari 15 tahun yang lalu, pemain asal Spanyol itu membuang egonya, melipatgandakan etos kerjanya dan segera mengubah tim ini menjadi pesaing yang akhirnya menjadi juara. Gasol dan mendiang Kobe Bryant melakukan semuanya bersama-sama, dan nomor jersei mereka sekarang berdampingan di arena.

Gasol menghabiskan musim terbaik dalam 18 tahun karir NBA bersama Bryant di Los Angeles. Lakers mencapai tiga Final NBA berturut-turut setelah kedatangan Gasol pada Februari 2008, memenangkan kejuaraan pada 2009 dan 2010.

“Saya telah melakukan sebaik yang saya bisa untuk benar-benar merangkul dan menikmatinya, tapi malam ini benar-benar melebihi mimpi atau harapan yang saya miliki," kata Gasol , dikutip dari nba.com. "Itu sangat berarti, dan jelas dengan Kobe di sana, itu hanya menambah sesuatu yang berarti dan kuat dan sedih dan bahagia dan menyakitkan dan gembira."

Spanduk Gasol diresmikan selama upacara turun minum yang dimulai dengan pidato Vanessa Bryant untuk mengantar pemutaran video di mana Kobe yang bersemangat mengatakan dia menantikan hari ketika Gasol memberikan pidato di lapangan tengah selama pensiun jersei. Gasol terharu saat menonton video dan berdiri di tempat yang tepat, menyeka air matanya sebelum dia berbicara kepada orang banyak.

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk mengenakan jersei ini, bermain untuk tim ini dan membantu tim ini. Saya tidak akan pernah dalam sejuta tahun percaya hari seperti ini bisa datang. Itu hanya memberitahu Anda untuk tidak pernah mengatakan tidak pernah. Dorong diri Anda setiap hari untuk menjadi yang terbaik yang Anda bisa," kata Gasol dalam pidatonya.

Gasol berterima kasih kepada Vanessa Bryant dalam pidatonya," Love you, sister. Saya bangga menjadi kakakmu, dan bangga menjadi paman bagi putri-putrimu."

Gasol sendiri yang memilih hari di mana jersei-nya dinaikkan. Orang tua Gasol, saudara laki-lakinya Marc dan Adria, Vanessa Bryant dan pemilik Lakers Jeanie Buss bergabung dengan Gasol dan istrinya di lapangan. Gasol merupakan pemain Spanyol kedua dalam sejarah NBA dan yang pertama memenangkan cincin juara NBA, dan dia yakin karirnya yang panjang dan sukses berkontribusi untuk menghapus stereotip pemain Eropa yang lemah. Gasol mencatat bahwa tiga pemain Eropa sekarang bisa dibilang sebagai tiga pemain teratas di liga, yaitu Giannis Antetokounmpo, Nikola Jokic, dan Luka Doncic.

“Saya bangga melihatnya,” kata Gasol. “Itu tidak hanya menginspirasi anak-anak Eropa, tetapi juga para pemain di seluruh dunia. Beri diri Anda kesempatan jika Anda benar-benar menginginkannya. Sangat menyenangkan melihat game ini berkembang secara global.”

Foto: Code Sports

Seragam Gasol mewakili nomor ke-13 yang dipensiunkan oleh Lakers untuk menghormati 12 pemain. Kareba mendiang Kobe Bryant memiliki dua nomor yang diistirahatkan, yaitu 8 dan 24. (*)

Foto: nba.com

Komentar