IBL

Portland Trail Blazers merekrut Pau Gasol pada musim panas 2019 lalu. Namun, karena kondisi kesehatannya tidak juga pulih, mereka melepas pemain asal Spanyol itu. Gasol pun bak ksatria tak bertuan saat ini.

Meski kariernya di NBA terantuk cedera, pemain bergelar juara NBA dua kali itu rupanya belum ingin berhenti. Ia masih berusaha untuk kembali ke lapangan. Setidaknya dengan tim nasional Spanyol. Gasol berencana untuk tampil pada Olimpiade 2020 nanti.

Menurut Ketua Federasi Bola Basket Spanyol Jorge Garbajosa, pemain 2,16 meter itu punya keinginan yang tinggi untuk bergabung kembali dengan tim nasional. Sayangnya, masalah cedera membuatnya tidak bisa berkata banyak. Garbajosa hanya bisa mendukung.

“Dia akan melakukan segalanya untuk bermain di sana,” kata Garbajosa, seperti dikutip Eurohoops. “Jika Pau mau dan bisa, dia akan melakukannya. Dan jika dia tidak bisa kembali ke lapangan, biarkan dia berperan sebagai apa pun yang dia inginkan. Kami akan selalu menunggunya.”

Saat ini, Gasol berstatus sebagai asisten pelatih Blazers. Dua minggu setelah dilepas sebagai pemain, tim asal Portland itu menggaetnya sebagai pelatih. Ia ditugaskan menemani Kepala Pelatih Terry Stotts.

Gasol kesulitan memulihkan diri dari cedera kaki kirinya. Ia belum sekalipun membela Blazers sejak direkrut Juni lalu. Gasol bahkan absen saat masih membela Milwaukee Bucks di playoff musim 2018-2019.

Sementara itu, Olimpiade di Tokyo akan berlangsung pada 24 Juli tahun depan. Itu artinya, ada rentang sekitar 6—7 bulan. NBA juga sudah selesai saat itu tiba. Gasol punya waktu. (put)

Foto: NBA

Komentar