IBL

Dante Exum mengerang sambil memegangi kaki kakannya setelah terjatuh di menit pertama pada pertandingan Cleveland Cavaliers melawan Orlando Magic, Senin malam waktu setempat. Semua orang takut Exum menderita cedera Achilles. Ternyata Exum divonis cedera betis dan harus istirahat dua bulan.

Bila Exum cedera parah, bukan hanya Cavaliers saja yang dirugikan. Timnas Australia juga mengalami kerugian besar. Sebab, Exum adalah pemain andalan "Boomers" di Olimpiade Tokyo 2021 mendatang. Australia berniat mencuri medali emas dari Amerika Serikat. Dan, Exum akan jadi tumpuan Australia.

Ternyata seperti yang dilaporkan Shams Charania dari The Athletic, bahwa Exum menderita cedera betis dan tidak terlalu parah. Shams juga mengabarkan bahwa Exum membutuhkan istirahat paling lama dua bulan untuk kembali ke lapangan lagi.

Cedera tersebut tampaknya bakal meredupkan kembali sinar Exum di NBA. Sebab, pemain berusia 25 tahun itu mulai mencuri perhatian di bawah asuhan JB Bickerstaff. Exum mencetak 3,8 poin, 2,8 rebound, dan 2,2 asis per pertandingan di awal musim. Dia juga dipercaya bermain sebagai starter di Cavaliers. Penampilan memukau Exum salah satunya yaitu berhasil mengunci Trae Young. Bintang Atlanta Hawks tersebut tidak berkutik ketika dijaga oleh Exum, sehingga Cavs menang 96-91. Sayangnya setelah penampilan impresif tersebut, Exum mengalami cedera.

Dilihat dari sisi timnas Australia, cedera Exum bisa berakibat fatal. Contohnya saat FIBA World Cup 2019 di Tiongkok. Exum tidak bermain lantaran cedera. Sebagai gantinya Australia memanggil Patty Mills. Mereka hanya mampu finis di empat besar. Sementara itu, demi mewujudkan target medali emas, Exum, Patty Mills (San Antonio Spurs), dan Aron Baynes (Toronto Raptors), berkomitmen untuk tampil membela timnas Australia di Olimpade tahun ini. (tor)

Foto: Bleacher Report

Komentar