IBL

Pemain veteran Pau Gasol masih menyimpan keinginan untuk tampil kembali di NBA. Salah satu tim yang menjadi incarannya adalah Los Angeles Lakers. Dia pernah membela Lakers tahun 2008 hingga 2014, dan berhasil menjadi juara di tahun 2009 dan 2010. Pau makin tertarik bermain di Lakers karena kini adiknya, Marc Gasol, juga bergabung dengan tim tersebut. Sayangnya keinginan Paul belum mendapatkan respons dari manajemen Lakers.

Pau sudah tidak tampil sejak Maret 2019 lalu. Dia menjalani dua operasi untuk memperbaiki tulang navicular kaki kirinya. Menurut Zach Lowe dari ESPN, dokter menemukan kejanggalan pada kaki kirinya sejak pertengahan tahun 2018. Saat itu Pau masih berstatus pemain San Antonio Spurs. Setelah pindah ke Milwaukee Bucks pada 3 Maret 2019, dan hanya bermain tiga gim saja. Secara status kepemilikan, Pau pernah menjadi anggota tim Portland Trail Blazers. Namun pada 20 November 2019, dia dibebaskan dari kontrak tanpa memainkan satu pertandingan pun bersama Blazers.

Beberapa hari terakhir, Pau dan agennya terlibat pembicaraan mengenai masa depannya. Pau menerima banyak permintaan untuk masuk kamp pelatihan dengan beberapa tim. Namun Pau tidak tertarik, dan lebih memilih memulihkan kondisi sebelum terlibat pembicaraan serius dengan tim. Pau terus berlatih di California Utara.

Sebenarnya, Pau menolak semua tawaran dari tim lain dan berharap Lakers yang memberikan kesempatan untuk mengikuti kamp pelatihan. Lakers menjadi satu-satunya klub yang menarik hatinya saat ini. Pau ingin kembali bermain di klub yang membesarkan namanya, serta bersatu kembali dengan saudaranya, Marc Gasol.

"Ada begitu banyak kenangan dan sejarah di sana," kata Pau Gasol, seperti dikutip dari ESPN. "Sata tidak berbohong. Bila saya berada di sana, akan sangat istimewa. Apalagi saudara saya ada di sana, itu lebih istimewa lagi. Namun saya tidak dalam posisi yang bagus sekarang. Saya tidak bisa menuntut apa pun dari mereka (Lakers). Bahkan saya tidak mendapatkan penawaran dari mereka."

Rencana Pau Gasol kembali ke NBA musim ini belum tentu terwujud. Sebab, bila tidak bermain di Lakers, maka Pau kemungkinan menolak semua tawaran yang diberikan padanya. Tetapi Pau punya keinginan yang besar untuk kembali tampil bersama timnas Spanyol di Olimpiade Tokyo 2021. Pau sudah bermain bersama timnas Spanyol di empat Olimpiade berturut-turut. Prestasi terbaiknya yaitu meraih medali perak tahun 2008 dan 2012, serta medali perunggu di tahun 2016.

"Bisa bermain di lima Olimpiade akan sangat luar biasa. Saya sedang mengejar target itu," kata Pau.

Timnas Spanyol baru saja menjuarai Piala Dunia Bola Basket FIBA (FIBA World Cup) tahun 2019 di Cina. Namun Pau tidak masuk roster tim tersebut. Pau saat itu harus berjuang memulihkan cederanya. (tor)

Foto: twitter/paugasol

Komentar