IBL

Pemain asal Tiongkok, Jeremy Lin akhirnya membuat debut di NBA G League bersama Santa Cruz Warriors, Rabu malam, waktu Amerika Serikat. Meski Warriors kalah 104-109 atas Ignite, Lin tampil mengesankan dengan mencetak 18 poin, lima assist dan tiga steal dalam 30 menit di lapangan. Setidaknya, Lin sudah berhasil membuat dirinya tampil lagi di Amerika Serikat, karena itu yang jadi impiannya.

Lin, yang menghabiskan musim lalu dengan Beijing Ducks di CBA (Chinese Basketball Association), tampaknya belum puas dengan pencapaiannya. Lin rela meninggalkan popularitas dan uang yang melimpah di Tiongkok, demi mengejar karier di NBA. Mimpi itulah yang kini sedang dibawanya di G League. Lin akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk bisa tampil sebaik-baiknya di musim reguler G League yang berlangsung hingga 6 Maret 2021 nanti. Lin berharap ada tim NBA yang mau menariknya kembali untuk bersaing di liga basket terbaik di dunia.

Baca Juga: Jeremy Lin Rela Tinggalkan Uang dan Popularitas di Tiongkok

Meski kalah, tapi ada beberapa poin positif yang bisa dilihat dari penampilan Lin. Pertama, Lin mencetak enam poin dari keunggulan 8-0 Warriors di awal kuarter pertama. Dia menyelesaikan kuarter pertama dengan mencetak 10 poin. Poin kedua, Lin memiliki ketenangan di lapangan. Tidak seperti pemain-pemain muda G League lain yang rata-rata masih berusia muda. Dalam lembar statistik, Lin menjadi salah satu dari empat pemain Warriors dengan nilai plus/minus positif.

Karena baru satu pertandingan, jadi terlalu dini untuk menilai Lin layak atau tidak kembali ke NBA. Dia masih punya 14 laga tersisa sebelum playoff G League. Sementara itu, aturan NBA kali ini juga lebih longgar untuk pemain yang memiliki kontrak dua arah. Jadi Lin bisa diambil oleh tim NBA manapun yang berminat menggunakan jasanya selama musim reguler 2020-2021.

NBA G League 2021 dimainkan di "gelembung" yang dipakai NBA untuk melanjutkan musim lalu. Mereka bermain di ESPN Wide World of Sports, di Walt Disney World, Orlando, Florida. Pesertanya ada 18 tim. Rangkain musim ini akan berakhir sampai 11 Maret 2021 mendatang. (tor)

Foto: nba.co.ca

Komentar