IBL

Jeremy Lin membuktikan bahwa dirinya benar-benar ingin kembali ke NBA. Sebab, Lin tampil menggila dalam tiga pertandingan G-League 2021 bersama Santa Cruz Warriors. Terakhir, Lin memasukkan 29 poin untuk membantu Warriors meraih kemenangan perdana atas Westchester Knicks, Sabtu malam, waktu Amerika Serikat.

Lin sudah mencuri perhatian publik di tiga laga G-League bersama Warriors. Pada laga pertama melawan Ignite, Lin mencetak 18 poin, lima assist, tiga rebound dan tiga steal. Namun timnya kalah 104-110. Kemudian di laga kedua, Warriors juga kalah. Kali ini Warriors menyerah 92-103 atas Blue Coats Delaware. Lin tampil 23 menit dengan kontribusi tujuh poin, tujuh assist, dan tiga rebound.

Di pertandingan ketiga Warriors pada Sabtu malam lalu, Lin tampil mengejutkan dengan menjadi top skor Warriors. Dia mencetak 29 poin, sembilan assist, dan dua steal dalam 31 menit di lapangan. Lin memasukkan tujuh dari sembilan percobaan tripoin. Warriors menang 124-116 atas Westchester Knicks. Pemain 32 tahun tersebut kini mencatatkan rata-rata 18,0 poin dan 7,0 asis per pertandingan di G-League.

Lin terlihat sangat emosional ketika bertanding melawan Westchester Knicks, yang notabene merupakan tim afiliasi New York Knicks, tim yang membesarkan namanya. Julukan "Linsanity" juga didapatkan ketika membela Knicks di musim 2011-2012 silam. Momen yang tidak bisa dilupakan adalah saat Lin mencetak tembakan tripoin yang membawa Knicks menang 90-87 atas Toronto Raptors di Air Canada Centre. Saat itu, dia berhasil mengumpulkan 27 poin dan 11 asis.

Namun sinar Lin di NBA meredup beberapa tahun terakhir. Status sebagai juara NBA bersama Raptors di tahun 2019 tak mampu menyelamatkan kariernya di NBA. Tidak ada tim NBA yang menawarkan kontrak padanya di pasar bursa pemain "free agent" tahun 2019. Hingga akhirnya, Lin harus kembali ke Tiongkok untuk bermain di CBA.

Lin tak menyerah begitu saja. Dia rela meninggalkan popularitas di Tiongkok untuk kembali merajut asa tampil di NBA. Lin memulai langkahnya dari G-League. Lin ingin menunjukkan bahwa dirinya masih layak tampil di NBA. Lin harus mampu memaksimalkan 15 laga di G-League 2021 sebagai ajang pamer kemampuannya.

Meski sempat terkendala masalah Letter Of Clearence (LOC), namun Lin akhirnya mendapatkan kontrak dua arah dengan Santa Cruz Warrirors. Sementara itu, aturan NBA untuk musim ini dilonggarkan karena pandemi Covid-19. Tim-tim NBA bisa merekrut pemain dari G-League kapan saja. Artinya, Lin bisa direkrut oleh tim NBA sewaktu-waktu. Namun sebelum itu terjadi, Lin harus fokus pada penampilannya di G-League. Selanjutnya, Lin dan Warriors akan berhadapan dengan Raptors 905, yang merupakan tim afiliasi dari Toronto Raptors, pada hari Senin malam, waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: New York Post

*Koreksi: Ada kesalahan mengenai penyebutan Jeremy Lin sebagai pemain asal Tiongkok . Lin adalah pemain yang lajir di Amerika Serikat dan memiliki darah Taiwan. Atas kesalaha ini kami mohon maaf. 

Komentar